Sukses

Macam-Macam Alat Komunikasi Tradisional dan Modern, Begini Perkembangannya

Macam-macam alat komunikasi bisa dibagi berdasarkan zaman penggunaannya.

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam alat komunikasi sudah digunakan oleh orang dari zaman dahulu hingga sekarang ini. Seiring dengan terus berkembangnya zaman dari masa lalu hingga ke masa modern sekarang ini, berbagai alat komunikasi telah digunakan dan banyak juga yang sudah ditinggalkan karena sudah ada yang lebih canggih.

Alat komunikasi adalah semua media atau alat yang digunakan untuk menyebarkan atau menyampaikan informasi, baik itu informasi kepada satu orang saja atau kepada banyak orang. Alat komunikasi ini tidak hanya berfungsi untuk menyampaikan informasi saja tetapi juga menghasilkan informasi.

Macam-macam alat komunikasi bisa dibagi berdasarkan zaman penggunaannya. Alat komunikasi bisa dibagi menjadi dua macam, yaitu alat komunikasi tradisional dan alat komunikasi modern. Dulu masih banyak keterbatasan dalam berkomunikasi, berbeda dengan zaman sekarang yang sudah serba mudah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (21/8/2019) tentang macam-macam alat komunikasi. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Macam-Macam Alat Komunikasi Tradisional

Lonceng dan Kentongan (Alat yang Mengeluarkan Suara)

Macam-macam alat komunikasi tradisional yang pertama adalah lonceng dan kentongan. Alat-alat ini adalah alat yang mengeluarkan suara, maka dari itu ada beberapa alat yang mengeluarkan suara lainnya yang dijadikan macam-macam alat komunikasi tradisional. Kentongan sampai sekarang ini masih cukup sering digunakan saat pos ronda atau membangunkan sahur, sedangkan lonceng masih digunakan di beberapa sekolah dan gereja.

Asap

Saat tersesat di hutan, salah satu hal yang paling efektif digunakan adalah asap. Dengan mengepul asap secara terstruktur, orang yang melihat kepulan asap yang dibuat akan mengerti bahwa kepulan asap yang dihasilkan adalah sebuah pesan meminta pertolongan.

Merpati Pos

Merpati pos juga sempat menjadi alat komunikasi pada zaman dahulu. Mungkin kamu juga sering melihat di film-film yang berlatarkan zaman dahulu bahwa mereka menggunakan burung, bahkan tidak hanya burung merpati untuk berikirim pesan.

3 dari 5 halaman

Macam-Macam Alat Komunikasi Tradisional lainnya

Telepon Kaleng

Telepon kaleng mungkin merupakan macam-macam alat tradisional yang sering dipraktikkan di sekolah karena pembuatannya yang mudah. Jarak komunikasi dengan telepon kaleng ini memang tidak bisa terlalu jauh, hanya 5-10 meter saja. Namun, sudah cukup untuk komunikasi dari tingkat satu ke tingkat dua pada sebuah bangunan. Syarat yang harus terpenuhi adalah, benang harus dalam keadaan tegang dan lurus.

Daun Lontar dan Prasasti

Pada zaman dahulu, orang berkomunikasi dengan tulisan. Biasanya media untuk menulis orang di zaman dahulu adalah pada daun lontar maupun pada prasasti atau batu yang diukir. Prasasti atau daun lontar ini nantinya akan berisikan tentang informasi yang dapat dimengerti oleh orang-orang yang membacanya. Bahkan banyak prasasti dari zaman dahulu yang ditemukan pada zaman sekarang yang juga telah berhasil diterjemahkan oleh para ahli.

Surat

Macam-macam alat komunikasi tradisional selanjutnya adalah surat. Surat tentunya menjadi salah satu alat komunikasi yang paling tepat dalam menyampaikan kabar maupun informasi. Sampai sekarang surat masih digunakan dalam menyampaikan informasi, namun penggunaannya semakin ditinggalkan karena perkembangan tekonologi yang sangat pesat.

Telegraf

Telegraf merupakan sebuah alat komunikasi yang menggunakan peralatan listrik untuk mengirimkan dan menerima sinyal sesuai kode dalam bentuk pulsa listrik. Kabel-kabel tembaga yang terdapat di dalamnya berfungsi untuk mengirim sinyal jarak jauh.

4 dari 5 halaman

Macam-Macam Alat Komunikasi Modern

Telepon Kabel

Macam-macam alat komunikasi modern yang pertama tentunya adalah cikal bakal dari smartphone yang sekarang kamu gunakan, yaitu telepon kabel. Kamu bisa berkomunikasi dengan orang yang sangat jauh walaupun hanya lewat suara saja. Namun, telepon kabel merupakan cara berkomunikasi yang pada zamannya sangat membantu dan lebih nyaman daripada menggunakan surat.

Telepon Genggam

Telepong genggam merupakan tingkatan yang lebih tinggi dari telepon kabel. Bahkan teknologi ini semakin berkembang seiring dengan berkembangnya zaman, sehingga terciptalah smartphone yang sudah menjadi barang wajib bagi setiap orang di zaman sekarang ini. Berkomunikasi dengan smartphone sudah bisa dilakukan bahkan dengan fitur video call yang memungkinkan kamu tidak hanya mendengarkan suara orang yang jauh, namun juga melihat wujudnya secara nyata.

Radio

Radio merupakan macam-macam alat komunikasi yang sangat penting sejak ditemukan. Radio berguna untuk dapat menerima informasi berupa suara atau sinyal dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Walaupun alat komunikasi saat ini semakin canggih, radio tetap eksis dalam menyampaikan informasi.

5 dari 5 halaman

Macam-Macam Alat Komunikasi Modern Lainnya

Koran

Koran merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara masal melalui tulisan dan gambar. Berbagai topik bisa disampaikan dari Koran terkait dengan berbagai keadaan terkini yang terjadi di suatu negara.

Televisi

Televisi mungkin adalah suatu barang yang wajib ada di suatu rumah sekarang ini. Televisi tidak jauh berbeda dengan Koran, merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan informasi secara masal. Bedanya dengan Koran yang hanya bisa menyampaikannya lewat tulisan dan gambar, Televisi atau TV dapat menyampaikan berbagai informasi tersebut dalam bentuk audiovisual.

Komputer

Komputer mungkin merupakan macam-macam alat komunikasi modern yang sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok seperti smartphone. Bahkan, tidak hanya untuk alat komunikasi, komputer memiliki berbagai fungsi lainnya yang dapat menunjang kehidupan manusia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini