Sukses

Cara Menghilangkan Panu di Wajah dalam 1 Hari Secara Alami, Aman dan Ampuh

Ternyata ada cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari.

Liputan6.com, Jakarta Cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari kerap dibutuhkan bagi penderitanya. Ya, panu dapat menyerang bagian kulit mana saja di tubuh, termasuk wajah. Jika panu muncul di wajah, hal ini akan memengaruhi penampilan dan menimbulkan rasa malu.

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit kulit yang cukup merusak rasa percaya diri, karena banyak orang menghubungkannya dengan kebersihan tubuh yang kurang baik. Walaupun sudah mencoba cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari, ternyata panu bisa sewaktu-waktu kambuh lagi.

Apalagi saat kebersihan tubuh tidak terkontrol, maka membuat kondisi ini bisa muncul kembali. Karena itu, diperlukan pengobatan yang konsisten dan tekun pada panu di wajah ini agar tidak muncul lagi. Berikut Liputan6.com, Rabu (21/8/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari secara alami yang bisa kamu coba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penyebab Munculnya Panu

Panu merupakan kelainan kulit yang ditandai dengan bercak putih hingga coklat, disertai sisik halus akibat infeksi. Dalam dunia medis, panu dikenal sebagai pitiriasi versikolor atau tinea versikolor.

Penyebab panu muncul disebabkan oleh jamur Malassezia furfur. Jamur ini sebenarnya dapat ditemukan pada kulit yang normal. Namun baru akan menimbulkan infeksi ketika jumlahnya berlebihan, atau pada orang dengan imunitas tubuh menurun.

Pemicu tumbuhnya jamur secara berlebihan antara lain cuaca yang lembap dan panas dan kulit sering berkeringat. Penurunan sistem imunitas tubuh seperti yang sudah disebutkan di atas juga menjadi penyebab pnu muncul.

Panu bisa muncul pada anak-anak hingga remaja, atau sekitar awal usia 20 tahun. Panu dapat menyerang bagian kulit mana saja di tubuh, termasuk wajah. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit kulit yang cukup merusak rasa yang percaya diri, karena banyak orang menghubungkannya dengan kebersihan tubuh yang buruk.

3 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Panu di Wajah dalam 1 Hari

Lengkuas

Lengkuas memiliki beberapa senyawa baik yang berguna untuk kesehatan tubuh. Kandungan pada lengkuas seperti sodium, zat besi, vitamin A, vitamin C, flavonoid, fitonutrien, emodin, beta-sitosterol, dan lain sebagainya. Sebuah penelitian menemukan bahwa semua senyawa yang terkandung dalam lengkuas dapat menghambat oksida-nitar dan produksi lipopolisakarida.

Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan lengkuas sebagai cara menghilangkan panu dalam 1 hari. Cara membuat dan menggunakannya adalah dengan menyiapkan lengkuas segar yang sudah dipotong-potong. Usapkan potongan-potongan lengkuas tersebut pada area yang terdapat panu.

Lakukan selama 5 menit sebanyak dua kali dalam sehari. Cara lainnya adalah dengan menghaluskan dua ruas jari lengkuas dengan satu sendok teh garam. Kemudian oleskan pada area panu dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat.

Bawang Putih

Kamu juga bisa menggunakan bawang putih sebagai cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari. Pada bawang putih mengandung allicin yang merupakan komponen biologis aktif yang berguna sebagai zat anti bakteri. Selain itu, bawang putih juga mengandung banyak antioksidan. Kadungan inilah yang membuat bawang putih terkenal sebagai antivirus, antibakteri, dan antijamur.

Cara menggunakan bawang putih untuk menghilangkan panu di wajah adalah dengan memotong bawang putih menjadi dua bagian. Kemudian gosokkan bawang putih pada bagian panu selama 5 menit. Lakukan cara ini sebanyak dua kali dalam sehari.

4 dari 5 halaman

Cara Menghilangkan Panu di Wajah dalam 1 Hari

Jeruk Nipis

Cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari dengan menggunakan bahan alami lainnya adalah jeruk nipis. Pada jeruk nipis memiliki senyawa flavonoid yang merupakan antioksidan yang kuat. Nah, antioksidan ini berfungsi untuk melindungi tubuh kamu dari radikal bebas yang merupakan molekul tidak stabil yang bisa merusak sel-sel sehat.

Selain itu, kandungan asam sitrat yang menjadikan jeruk nipis sebagai antibakteri dan antijamur yang handal. Vitamin C juga merupakan senyawa lain yang ampuh untuk membasmi panu yang terkandung pada jeruk nipis. Berikut ini cara menggunakan jeruk nipis untuk menghilangkan panu di wajah.

Siapkan jeruk nipis dan belerang. Kemudian campurkan 1 sendok makan air perasan jeruk nipis dengan 2 sendok makan belerang yang sudah ditumbuk halus. Campurkan hingga merata sampai menjadi krim. Kemudian oleskan pada bagian panu di wajah. Diamkan hingga mengering, lalu bersihkan dengan air hangat.

Belimbing Wuluh

Cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari selanjutnya adalah dengan menggunakan belimbing wuluh. Pada belimbing wuluh memiliki kandungan glukosid, tanin, perosida, sulfur, kalium sitrat, dan memiliki sifat anti jamur yang bisa menghilangkan panu.

Cara menggunakan belimbing wuluh untuk menghilangkan panu adalah dengan memotong belimbing wuluh menjadi empat bagian. Usap-usapkan belimbing wuluh pada bagian yang terkena infeksi jamur selama 5 menit. Biarkan hingga mengering.

Yogurt

Pada yogurt mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti protein, riboflavin, kalsium, vitamin B6, dan vitamin B12. Nah, cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari dengan menggunakan yogurt adalah dengan mengoleskannya pada bagian kulit yang terdapat panu.

Pilihlah yogurt tawar untuk mengaplikasikannya, Diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat. Selain untuk pengobatan dari luar, sebaiknya kamu juga konsumsi 2 gelas yogurt tawar setiap harinya guna membasmi infeksi jamur dari dalam.

5 dari 5 halaman

Cara Mencegah Panu Muncul di Wajah

Setelah mengetahui cara menghilangkan panu di wajah dalam 1 hari, perlu diketahui bahwa kalau panu di wajah bisa muncul lagi meskipun telah diobati. Untuk itu, kamu bisa mencegahnya agar panu di wajah tidak muncul lagi. Penting untuk memerhatikan faktor pemicu munculnya panu. Berikut ini ada beberapa cara mencegah munculnya panu di wajah:

- Menghindari menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung minyak,

- Menghindari terkena paparan sinar matahari secara langsung. Apabila sinar matahari tidak dapat dihindari, pertimbangkan untuk menggunakan tabir surya sebelum beraktivitas di luar ruangan,

- Usahakan wajah kamu tetap kering dan bersih. Rutin membersihkan wajah dan segera mengeringkannya. Jika wajah sering berkeringat, jangan lupa untuk langsung mengeringkannya agar jamur penyebab panu tidak mudah tumbuh,

- Usahakan untuk selalu berada di ruangan sejuk dan kering.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini