Sukses

Tersandung Kasus Pencemaran Nama Baik, Ini 5 Fakta Sosok Sisca Dewi

Sisca Dewi terbukti melakukan pemerasan dan pencemaran nama baik ke ke petinggi Polri.

Liputan6.com, Jakarta Nama seleb Sisca Dewi kembali menjadi perbincangan hangat di masyarakat. Seperti diketahui, Sisca Dewi tengah tersandung kasus pemerasaan dan pencemaran nama baik petinggi kepolisian, Polri Irjen BS.  

Kasus tersebut terjadi di tahun 2016. Sisca Dewi divonis tiga tahun enam bulan penjara. Tidak puas dengan keputusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Sisca Dewi lakukan banding hingga kakasi ke Mahkamah Agung.

Namun upaya banding Sisca Dewi tidak dikabulkan. Malah, hukuman Sisca Dewi ditambah oleh Mahkamah Agung. Dari awalnya tiga tahun enam bulan penjara kini menjadi empat tahun penjara.

Terlepas dari kasus yang menyeretnya, Sisca Dewi merupakan seleb yang masih asing di telinga masyarakat. Berikut Liputan6.com rangkum dari beberapa sumber tentang fakta-fakta sosok Sisca Dewi, Senin (2/8/2019).

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Sisca Dewi mengawali karier menjadi penyanyi

Sisca Dewi, kelahiran Madiun, 12 Maret 1979 mengawali kariernya di dunia entertain sebagai seorang penyanyi. Genre awal Sisca ialah musik dangdut.

Namun seiring berjalannya waktu, Sisca Dewi juga menyanyikan lagu pop dan religi. Sisca Dewi telah menelurkan belasan lagu. Lagu yang populer dibawakannya berjudul "Ku Tahu yang Kau Rasa".

 

3 dari 6 halaman

2. Namanya mulai dikenal publik setelah bermain dalam sebuah sinetron

Karier Sisca Dewi makin menanjak ketika dirinya menjajal dunia akting. Sisca bermain di beberapa sinetron. Tercatat, Sisca pernah bermain di dua sinetron yakni "Aku Ingin Pulang" dan "Akibat Pergaulan Bebas".

 

4 dari 6 halaman

3. Sisca pernah menjajal masuk dunia politik

Setelah namanya mulai dikenal publik, Sisca Dewi mencoba terjun ke dunia politik. Sisca pernah mendaftarkan diri sebagai calon legislatif (Caleg) DPR RI pada Pemilu 2014. Ia mendaftar caleg dari Partai Hanura dengan daerah pemilihan 8 Jawa Timur. Namun hasil dari pemilu tersebut, tidak meloloskan Sisca Dewi ke senayan.

 

5 dari 6 halaman

4. Sisca pernah membangun masjid di Madiun

Tahun lalu Sisca Dewi membangun sebuah masjid di kota kelahirannya, Madiun. Masjid yang dibangun Sisca Dewi diberi nama Masjid Al-Scadew. Selain membangun masjid, Sisca Dewi juga berkeinginan terlibat dalam pembangunan sekolah anak-anak yang kurang mampu secara ekonomi.

6 dari 6 halaman

5. Tahun 2016 tersandung kasus pencemaran nama baik

Tahun 2016 menjadi tahun yang kelam bagi Sisca Dewi. Sisca terbukti melakukan pencemaran nama baik Irjen BS. Tak hanya itu, ia juga terbukti lakukan pemerasan kepada petinggi polri itu. Sisca mengancam akan membuka aib Irjen BS jika tidak menyerahkan sejumlah uang. 

Akibat tersandung kasus tersebut, kini Sisca harus menjalani hukuman penjara. Banding yang dilakukan Sisca juga tidak dikabulkan oleh Mahkamah Agung. Bahkan MA memperberat hukuman Sisca, dari tiga tahun enam bulan penjara menjadi empat tahun penjara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.