Sukses

12 Manfaat Kacang Tanah Bagi Kecantikan dan Kesehatan, Bisa Cegah Keriput

Ada beberapa manfaat kacang tanah untuk kecantikan dan kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kacang tanah ternyata baik buat kecantikan lho. Kacang tanah masuk ke dalam jenis tanaman polong-polongan.

Berbicara mengenai kacang-kacangan, siapapun tentu sudah mengenal dengan baik yang namanya kacang tanah. Bisa dipastikan, hampir semua orang telah mengenal kacang yang satu ini.

Selain memiliki rasa gurih yang lezat dan nikmat, kacang tanah juga dipercaya kaya akan nutrisi serta sangat bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat kacang tanah ini ternyata baik bagi kesehatan maupun kecantikan.

Ya, ukurannya yang kecil ini ternyata memiliki nutrisi yang sangat besar bagi tubuh. Kacang tanah merupakan sumber protein dan antioksidan yang baik. Karena inilah, kacang tanah dipercaya sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Nah penasaran kan manfaat kacang tanah apa saja? Seperti Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat kacang tanah, Selasa (9/4/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Kacang Tanah

1. Kandungan Nutrisinya Baik untuk Tubuh

Manfaat kacang tanah ini dapat mengontrol kemunculan berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, risiko mengidap penyakit kandung empedu dan kanker, bahkan dapat menurunkan tekanan darah.

Soalnya, kacang tanah ini sangat kaya akan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti vitamin B6, vitamin E, magnesium, asam folat, asam pantotenat, thiamine, fosfor, kalium, seng, besi, tembaga, mangan, dan selenium.

2. Mengurangi Depresi

Depresi memiliki beberapa pemicu mulai dari faktor genetik, perubahan atau pun paparan lingkungan serta gangguan neurologis yang disebabkan oleh paparan bahan kimia di otak. Produksi serotonin memengaruhi kemunculan depresi.

Pada kacang tanah memiliki kandungan triptofan asam amino. Kandungan ini mampu memberikan manfaat kacang tanah berupa untuk pembentukan serotonin. Serotonin ini sangat membantu dalam membentuk suasana hati yang positif.

3. Meningkatkan Memori

Kacang tanah diyakini dapat meningkatkan memori. Ini disebabkan karena adanya kandungan niacin dan resveratrol yang dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah ke otak, sehingga dapat menguatkan ingatan.

Selain itu, manfaat kacang tanah juga dapat meningkatkan konsentrasi serta memberikan tidur yang lebih lelap buat Anda yang kerap mengalami gangguan tidur.

3 dari 5 halaman

Manfaat Kacang Tanah

 

 

4. Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat kacang tanah bisa didapatkan dengan mengonsumsinya secara teratur dan dalam jumlah yang dianjurkan. Hal ini sangat membantu menjaga kesehatan jantung.

Pada kacang tanah terdapat asam oleat yang baik bagi jantung, yang menurunkan risiko kardiovaskuler yang menjadikan terjadinya penyakit jantung koroner. Optimalkan dengan tidak menggoreng kacangnya, sajikan dengan direbus atau dikukus.

5. Mencegah Risiko Kanker Perut

Poli fenolik dan anti oksidan yang terkandung dalam kacang tanah mampu mengurangi risiko kanker perut di dalam tubuh. Nutrisi dalam kacang tanah dipercaya bisa mengurangi produksi karsinogenik nitroud amina penyebab utama tumbuhnya sel kanker di perut.

6. Menurunkan Kolesterol

Mengingat kacang tanah mengandung asam lemak tak jenuh cukup tinggi, beberapa peneliti menyebutkan bahwa kacang tanah bisa bantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Karena asam lemak yang cukup tinggi pula, kacang tanah juga dikatakan bisa mencegah penyakit jantung koroner.

4 dari 5 halaman

Manfaat Kacang Tanah

 

7. Mencegah Risiko Stroke

Anti oksidan dan resvreratrol yang terkandung di dalam kacang tanah disebutkan mampu meningkatkan produksi oksida nitrat sehingga bisa mencegah risiko stroke. Tidak hanya itu saja, kandungan kalium, mangan, tembaga, kalsium, magnesium, zat besi, selenium dan seng serta beberapa mineral, study menyebutkan bahwa manfaat kacang tanah sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

8. Mengurangi Risiko Batu Empedu

Mengurangi risiko batu empedu Baik kacang tanah dalam bentuk alami atau pun berbentuk selai, ini akan baik untuk mengurangi risiko batu empedu di dalam tubuh yang kemudian mencegah berbagai infeksi kantung empedu dan hati hingga 50%.

9. Meningkatkan Kesuburan

Buat pasangan yang sedang merencanakan kehamilan, mengonsumsi kacang tanah dapat meningkatkan fertilitas. Disarankan pasangan untuk mengonsumsi kacang tanah setidaknya 100 gram per hari untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan. Manfaat kacang tanah juga baik dikonsumsi semasa kehamilan, sebab kandungan asam folatnya dapat mendukung perkembangan otak dan saraf janin.

5 dari 5 halaman

Manfaat Kacang Tanah

10. Mencegah Keriput

Kacang tanah ternyata baik untuk kulit, terutama dalam mencegah keriput. Kacang tanah mengandung vitamin E yang dapat membantu mengurangi garis serta kerutan pada kulit. Tidak hanya itu, kandungan riboflavin dan vitamin B pada kacang juga akan membuat kulit lebih bersinar.

11. Anti Penuaan

Manfaat kacang tanah lainnya adalah sebagai makanan yang dapat menunda penuaan. Penelitian menunjukkan terdapat molekul antiviral resveratrol yang tinggi di mana kandungan yang sama ditemukan pula pada anggur merah yang dapat melawan penuaan.

Antiviral resveratrol ini dapat mengurangi produksi radikal bebas dan meminimalisir kerusakan kulit yang berhubungan dengan sinar matahari. Selain itu, resveratrol in juga dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan tumor serta kanker kulit.

12. Baik Untuk Kulit

Mengingat kacang tanah mengandung vitamin E, vitamin B6 dan nutrisi baik lainnya, kacang tanah memiliki manfaat mengagumkan untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Dengan konsumsi kacang tanah secara teratur, hal ini bisa bantu kulit terbebas dari bahaya radikal bebas penyebab kerusakan kulit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini