Sukses

`Do's and Don'ts` Simpan Kosmetik di Kulkas

Beberapa wanita akan menyimpan produk kecantikannya di dalam lemari es agar lebih tahan lama dan mudah dipakai. Tapi bisakah?

Beberapa wanita akan menyimpan produk kecantikannya di dalam lemari es agar lebih tahan lama dan mudah dipakai. Namun, suhu yang dingin bisa membuat kosmetik menjadi hancur.

Sebelum Anda memasukkannya ke dalam kulkas, perhatikan kosmetik yang bisa di dalam kulkas dan tidak seperti dikutip Becomegorgeous, Senin (17/2/2014).

Simpan di Kulkas

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman



1. Eye cream

Kosmetik ini bisa dimasukkan ke dalam kulkas. Banyak wanita yang mengatakan memasukkan eye cream (krim mata) ke dalam lemari pendingin bisa menyegarkan saat dioleskan ke mata.

Namun, jika Anda memutuskan menyimpannya di kulkas, baca petunjuknya dengan hati-hati untuk memastikan bahwa itu tak dilarang. Memasukkan eye cream ke dalam kulkas bisa memperpanjang usianya, asalkan terpisah dari makanan Anda.

2. Spray seperti sunscreen atau air mineral

Spray jika dimasukkan ke kulkas biasanya akan bekerja baik. Air mineral dan tabir surya bisa mendinginkan kulit Anda ketika diaplikasikan langsung saat keluar dari kulkas.

3. Parfum

Parfum juga bisa bermanfaat jika disimpan di lingkungan yang dingin dan gelap. Wewangian yang lembut bisa tahan lebih lama. Sama halnya dengan kosmetik lainnya, masukkan parfum Anda dalam wadah tertutup untuk mencegah aroma yang tak diinginkan.

4. Obat jerawat

Semua obat jerawat seperti salep antibakteri biasanya paling bagus disimpan di suhu dingin. Baca labelnya dengan hati-hati atau tanyakan ke apoteker jika obat Anda tak boleh disimpan di kulkas. Lingkungan yang dingin membuat bahan aktif bertahan sedikit lebih lama.

5. Makeup organik dan natural

Sebagian besar kosmetik lebih awet jika disimpan pada suhu kamar. Dan kosmetik organik serta natural pasti lebih awet jika disimpan di kulkas.

Masker buatan sendiri juga yang termasuk disimpan di kulkas agar bisa bertahan selama beberapa hari karena mereka makanan.

Mungkin Bisa
3 dari 4 halaman



1. Kuteks

Banyak yang berbeda pendapat soal kutek karena produk itu mudah kering dan mengental saat diaplikasikan. Jadi jangan ambil risiko.

2. Moisturizer dan serum

Jika moisturizer dan serum yang Anda gunakan bebas minyak, masih ada bahan yang bisa berubah ketika Anda menyimpannya di suhu dingin terlalu lama. Periksa petunjuknya dengan seksama.

Sebelum menaruhnya, cobalah meletakkan sejumlah produk dalam wadah kecil dan simpan di kulkas selama seminggu. Dengan demikian, Anda akan jarang membuka kemasan aslinya sehingga lebih awet.

Jangan ke Kulkas
4 dari 4 halaman



1. Makeup pencil jangan dimasukkan kulkas

Trik lama yang kerap dilakukan adalah dengan meletakkan pensil makeup yang terlalu lunak ke dalam kulkas selama beberapa jam. Padahal, semua pensil bisa menjadi keras dalam suhu dingin. Jadi, jangan menyimpannya di dalam kulkas. Jika pensil terlalu keras akan sulit digunakan.

2. Liquid foundation dan primer

Kebanyakan liquid foundation dan primer merupakan produk yang tak boleh masuk kulkas. Konsistensi mereka akan berubah dan memperpendek usia kosmetik Anda.

3. Lipstik

Bila terkena suhu dingin lipstik mulai berkeringat. Tetesan air di permukaan lisptik ini akan memisahkan minyak dan lilin sehingga yang bisa Anda gunakan lebih sedikit dibanding jika disimpan di suhu ruangan

4. Maskara

Sama seperti cat kuku, maskara bisa mengental. Mungkin kecuali maskara waterproof yang bisa dimasukkan ke kulkas. Beberapa komponen volatil menguap dan maskara tahan air Anda lebih cepat mengering  pada suhu kamar.

5. Produk berbahan minyak

Sama seperti minyak zaitun akan terjadi perubahan konsistensi bila disimpan dalam suhu dingin sehingga produk-produk terlihat lebih berminyak. Simpan dalam suhu kamar agar tahan lama.

(Mel/Abd)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.