Sukses

Tak Selamanya Obat Herbal Aman untuk Tubuh

Herbal menurut ahlinya memang aman tidak memiliki efek samping, namun dalam mengonsumsinya perlu diperhatikan.

Herbal sebagian besar diketahui aman karena tidak memiliki efek samping, namun menurut Ahli Pengobatan Herbal, Soetresno.M.RM ada hal yang perlu diperhatikan herbal juga kemungkinan memiliki efek samping.

"Obat herbal memang aman, tidak ada efek sampingnya. Namun penggunaannya pun perlu diperhatikan. Konsumsi terlalu banyak atau dikombinasikan jenis herbal yang salah dapat meningkatkan potensi efek yang tidak diinginkan. Perlu pengetahuan yang mendalam untuk mengonsumsi obat herbal, jangan malu bertanya," kata Soetresno, ditulis Kamis (13/2/2014).

Berikut ini beberapa tips agar mengonsumsi herbal secara aman, yaitu:

1. Hindari memilih herbal untuk menggantikan pengobatan yang lebih efektif untuk kondisi penyakit yang serius. Herbal sebagai pelengkap saja.
2. Hindari penggunaan obat herbal kepada bayi, anak-anak atau orangtua yang memilki kondidi penyakit serius. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya.
3.Hindari menggunakan secara bersamaan dengan obat kimia tanpa terlebih dahulu mengetahui potensi interaksinya nterutama interaksi yang dikategorikan serius.

"Lihat dulu potensi interaksinya, hindari menggunakan herbal yang memiliki efek toksik, jangan terima dahulu bila informasi keamanan dan manfaatnya masih sangat terbatas. Semuanya perlu dikonsultasikan dulu dengan ahlinya," kata Soetresno yang ditemui di both Kementerian Kesehatan Direktorat Bina Pelayanan Kesehatan Tradisional, Alternatif dan Komplementer di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.