Sukses

Manfaat Periksa Kesehatan Rutin

Sebab, hanya dengan cara seperti inilah orang tersebut akan mendapatkan pemeriksaan medis secara menyeluruh dan lengkap.

Kebanyakan orang enggan memeriksakan diri ke dokter atau melakukan general check up. Sebagian besar merasa takut bila saat mengetahui hasil pemeriksaan itu ditemukan ada penyakit tertentu.

Namun sebenarnya, makin dini diketahui kondisi seluruh tubuh makin mudah seseoarang ditangani bila mengalami gangguan tertentu.

"Segala awal bentuk penyakit akan terlihat bila rutin melakukan ini. Chek up juga dapat menjadi panduan bagi seseorang untuk mengambil langkah preventif terhadap segala penyakit ke depannya," kata Ahli Nutrisi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. Samuel Oentoro, MS, SpKGK dalam acara Press Conference `AIA Healthy Living Index Survey 2013', XXI Plaza Senayan, ditulis Jumat (20/12/2013).

Bila orang tersebut rutin melakukan check-up, lanjut Dr. Samuel, maka apakah ia menderita penyakit tertentu akan terlihat dari hasil pemeriksaan itu.

Lebih lanjut Dr. Samuel mengatakan, bagi pasien yang sudah menginjak usia 30 tahun, lakukan check-up secara rutin minimal dua tahun sekali. Sedangkan bagi pasien yang berusia 40 tahun, lakukanlah setahun sekali.

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.