Sukses

Agar si Kecil Tak Menangis di Tempat Umum

Ketika anak menangis atau merengek di tempat umum itu merupakan upaya penyesuaian diri, mereka membutuhkan pengertian dan perhatian.

Pernahkah anak Anda merengek atau menangis tiada henti saat di tempat umum atau tempat yang baru? Anda pasti bingung dan berusaha membuat si kecil menutup mulut.

Jangan khawatir dengan hal ini. Seperti dikutip dari Idiva, Kamis (12/12/2013) tangis ini sebenarnya merupakan bentuk penyesuaian diri dengan lingkungan sekitar.

Rasa tidak nyaman pada awalnya akan muncul dan membutuhkan waktu untuk mereka menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Saat penyesuaian sebaiknya orangtua hindari perilaku yang membuat dirinya justru semakin tertekan.

Hindari berbicara dengan keras atau marah-marah, lama atau tidaknya waktu penyesuaiannya tergantung orangtua mereka. Sebaiknya sedari kecil anak perlu dikenalkan dengan lingkungan.

Dibawah ini yang perlu dilakukan orang tua untuk membantu anak mudah menyesuaikan diri di lingkungan baru, yaitu:

1. Selalu mengajak anak di pertemuan keluarga, pesta ulang tahun toko atau tempat ibadah. Hal ini dilakukan agar mereka mengenal lingkungan tempat mereka tinggal.

2. Melakukan aktivitas tidak hanya di rumah saja. Lakukan aktivitas seperti bermain, makan atau liburan ke luar rumah.

3. Kontrol emosi, ketika anak berada pada masa stres jangan melampiaskannya kepada anak.

4. Hadirkan aktivitas menyenangkan seperti merencanakan liburan bersama keluarga besar atau teman-teman main anak.

5. Saat waktu penyesuaian ibaratkan Anda adalah anak tersebut yang butuh waktu. Setiap anak memiliki perasaan yang berbeda di tempat umum. Mereka hanya membutuhkan pengertian dan perhatian. Perlakukan mereka dengan nyaman.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.