Sukses

Masalah Kesehatan Anak Usia Sekolah di Indonesia Memprihatinkan

Masalah kesehatan anak usia sekolah di Indonesia masih sangat memprihatinkan. Anak-anak itu sering berperilaku tidak sehat.

Masalah kesehatan anak usia sekolah di Indonesia masih sangat memprihatinkan. Menurut riset kesehatan dasar (riskesdas) 2010, terjadi peningkatan perilaku tidak sehat yang terjadi pada anak-anak tersebut.

Contohnya saja anak usia sekolah yang mulai merokok untuk pertama kali. Pada tahun 2007, prevalensi yang ada sebesar 10,3 persen. Di tahun 2010, terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu 17,5 persen.

Pemaparan ini disampaikan oleh Sekretaris Ditjen Bina Gizi dan Kesehatan Ibu Anak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dr. Kuwat Sri Handoyo, dalam diskusi bertema 'Kinerja Program Gizi dan Kesehatan Ibu Anak' di Ruang Maharmardjono Kemenkes, Kuningan, Jakarta, Kamis (5/12/2013)

"Tidak hanya itu. Masalah kesehatan anak usia sekolah juga terjadi disebabkan kurangnya makan buah dan sayur, dan juga perilaku benar dalam cuci tangan," kata dr. Kuwat menjelaskan.

Menurut pria berkacamata itu, kurangnya kesadaran anak-anak tersebut untuk mengonsumsi buah dan sayur, disebabkan kebiasaannya yang lebih suka jajan sembarangan di sekolah.

"Jajanan yang biasa mereka beli di sekolah itu, dan banyak macamnya,  membuat anak-anak itu lebih senang jajan ketimbang mengonsumsi buah dan sayur. Inilah yang terjadi saat ini," kata dia menambahkan.

(Adt/Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini