Sukses

Perawatan Wajah dengan Suntik Silikon Bikin Kanker?

Meskipun belum ada studi ilmiah yang jelas, tapi kanker bisa saja terjadi akibat perawatan kecantikan yang salah.

Seperti dikatakan dokter spesialis kulit dan kelamin, Dr. Amaranila Lalita, SpKK bahwa kesalahan menggunakan silikon cair mungkin saja menyebabkan kanker.

"Prinsipnya adalah ketika ada benda atau zat asing yang bertahun-tahun di wajah, kemudian merusak jaringan kulit dan lama-lama kulit berubah bukan menjadi lebih baik, ini sifat kanker. Padahal, ketika ada yang tidak kompatibel dengan kulit kita, semestinya benda asing itu akan di reject oleh tubuh," kata Nila, seperti ditulis Jumat (22/11/2013).

Mungkin pada kasus Mpok Atiek yang kita ketahui pernah menggunakan silikon, dulu wajahnya bagus dan kencang. Tapi lihat setelah bertahun-tahun dan seiring waktu, kulit wajahnya semakin turun dan ini adalah efek jangka panjang jadi tiak langsung ditolak oleh tubuh.

"Contoh lainnya, pernah ada kasus pasang silikon kemudian silikonnya meletus, dan wajahnya jadi kemerahan dan bengkak. Bila ini terjadi, berarti tubuh menolak adanya benda asing tersebut," ujar Nila.

Melihat hal tersebut, Nila menegaskan, setiap orang mungkin punya kemampuan menerima dan menolak benda asing. Tapi kuncinya, apa pun yang kita gunakan harus diketahui dulu kemanannya. Bila membeli produk, harus jelas brand-nya dan bila merasa ada sesuatu yang mengganggu aktivitas atau penampilan, lebih baik pergi ke dokter ahli jangan ke tempat sembarangan yang tidak bisa dijamin kemanannya.

(Fit/Abd)