Sukses

Kapan Biasanya Anak Gadis Mulai Mens untuk Pertama Kalinya?

Umumnya, menstruasi pertama kali terjadi sekitar dua tahun setelah payudaranya mulai berkembang pertama kalinya pula.

Setiap gadis remaja di dunia ini memiliki waktu yang berbeda-beda untuk mengalami menstruasi. Umumnya, menstruasi pertama kali terjadi sekitar dua tahun setelah payudaranya mulai berkembang.

Dikutip Medicine Net, Rabu (20/11/2013), bila payudara gadis itu berkembang ketika ia menginjak usia 10 tahun, kemungkinan besar akan mengalami menstruasi untuk pertama kali di usia 12 tahun.

Di Amerika Serikat, usia rata-rata untuk seorang gadis mengalami menstruasi pertama kali ada usia 12 tahun. Tapi, tidak semuanya mengalami hal seperti itu di usia yang sama.

Gadis remaja dapat mengalami menstruasi untuk pertama kali di usia 8 tahun, dan ada pula yang mengalaminya ketika menginjak usia 15 tahun.

Namun ada satu hal yang harus diketahui. Bila ada gadis remaja yang belum mengalami menstruasi untuk pertama kali di usia 15 tahun, atau sudah lebih dari 2 sampai 3 tahun sejak pertumbuhan payudara dimulai, segeralah bawa ke dokter.

Dalam sebuah kesempatan, Spesialis Kandungan dan Kebidanan Rumah Sakit Tambak Menteng, dr. Botefilia Arjunadi, SpOG mengatakan bahwa gadis remaja yang tidak juga mengalami menstruasi untuk pertama kali, bisa jadi ia tidak memiliki organ rahim atau mulut rahim.

Seperti yang diketahui, darah menstruasi itu mengalir dari rahim melalui lubang kecil di leher rahim, dan keluar dari tubuh melalui vagina.

"Karena faktor ini, yang membuat darahnya menjadi tertahan. Bila ditangani segera, darah menstruasinya akan berjalan lancar," kata dr. Botefilia, ditulis Kamis (21/11/2013)

(Adt/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.