Sukses

Orang yang Suka Begadang Jarang Lapar Ketika Bangun Pagi

Jika Anda termasuk di dalamnya yang berjuang untuk sarapan setelah bangun mungkin ada hubungannya dengan jam biologis Anda.

Sejumlah orang ada yang tak bernafsu sarapan di pagi hari. Jika Anda termasuk di dalamnya yang berjuang untuk sarapan setelah bangun mungkin ada hubungannya dengan jam biologis Anda. Ternyata, jam biologis itu berpengaruh ke nafsu makan.

Orang yang `burung hantu` atau sering begadang ketika bangun ia tak akan merasa kelaparan dan akan sulit untuk sarapan. "Jadi jangan paksakan diri untuk makan ketika Anda bangun pukul 7 pagi. Anda akan mulai merasa lapar sekitar pukul 9 atau 10 ketika ada di kantor," ujar Ahli Tidur Dr Neil Stanley seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (6/11/2013).

Ia menjelaskan, sekitar 10 persen dari populasi merupakan pewaris gen yang jam biologisnya sedikit lebih lambat. Ini yang membuat orang itu berjuang keras untuk bangun di pagi hari. "Ketika kita bangun, sejumlah proses dimulai agar tubuh siap untuk seharian, termasuk pelepasan hormon yang membuat kita merasa lapar," katanya.

Namun, Dr Stanley menjelaskan, waktu tidur yang tak teratur juga bisa menyebabkan jam Anda tak sinkron. Jadi cobalah tidur dengan waktu yang sama di setiap malam, Anda mungkin mulai merasa kelaparan di pagi hari.

(Mel)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini