Sukses

Diare Itu Bukan Penyakit, Terus Apa?

Diare itu ternyata bukan penyakit. Sehingga orangtua jangan buru-buru memberikan obat yang memampatkan diare. Kenapa?

Menurut Dokter dari `Milis Sehat`, dr. Fransisca Handy, SPA, IBCLC, diare bukanlah suatu jenis penyakit, melainkan sebuah tanda.

"Diare dan muntah merupakan upaya tubuh untuk mengeluarkan racun dan mengeluarkan virus atau kuman," kata dr. Fransisca Handy, SPA, IBCLC ditulis Health Liputan6.com, Sabtu (2/11/2013)

Bila orangtua tetap memberikan obat, tambah Fransisca, obat-obatan tersebut hanya mengurangi atau menghentikan gejala dari diare atau muntah, bukan juga mengobati penyakitnya karena diare bukan suatu penyakit. "Obat-obatan bahkan memiliki efek samping yang tidak baik untuk anak," kata Fransisca menambahkan.

Bila anak terkena diare, gantilah cairan yang hilang dengan minum lebih banyak serta beri cairan rehidrasi oral (CRO) misalnya oralit atau pedialyte.

"Jika bayi masih menyusui, teruskan ASI ditambah CRO," kata wanita yang juga  Dokter Spesialis Anak Rumah Sakit Pondok Indah Puri Indah dan Fakultas Kedokteran Universitas Pelita Harapan (FK-UPH).

Yang harus diingat oleh para orangtua adalah, jangan memberikan antibiotik begitu saja pada anak yang diare. Sebab, sebagian besar terjadi diare dikarenakan virus yang akan sembuh sendiri tanpa perlu diobati.

(Adt/Mel)