Sukses

Awas, Dendam Bisa Bikin Nyeri Punggung!

Sakit punggung bisa dialami siapa saja. Orang sehat saja bisa merasakannya. Penyebabnya bermacam-macam, salah satunya pendendam.

Sakit punggung bisa dialami siapa saja. Orang sehat saja bisa merasakannya. Penyebabnya bermacam-macam, salah satunya pendendam.

Berikut beberapa penyebab nyeri punggung seperti dikutip Fitnea, Selasa (29/10/2013)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman



1. Tidur di kasur tua

Kasur yang baik itu maksimal 8 sampai 10 tahun. Jika Anda belum menggantinya setelah lebih dari 10 tahun, tulang belajang Anda bisa kena dampaknya.

Gantilah kasur lama Anda dengan yang tidak terlalu keras dan jangan pula terlalu lembut. Sehingga lekukan punggung tak akan tenggelam ke dalam kasur.
3 dari 6 halaman



2. Tas berat

Jika Anda termasuk yang suka membawa tas besar, punggung Anda tak akan berterima kasih. Bawa tas di bahu Anda menyebabkan tak seimbang, jadi tulang belakang Anda tak seimbang juga. Beralihlah ke tas ringan. Dompet dan segala sesuatu yang berat jangan lebih dari 10 persen berat badan Anda.

3. Stiletto atau flat

High heels bisa memaksa Anda melengkungkan punggung Anda, yang menekan sendi Anda. Flat bisa buruk juga, tergantung jenis kaki Anda.

Sandal tampal dukungan di bagian belakang juga berbahaya, menyebabkan kaki bergerak dari satu sisi ke sisi lain dan mendistribusikan berat Anda tidak merata. Setiap orang itu memiliki tinggi tumit yang ideal. Temukanlah.

4. Pendendam

Peneliti di sebuah universitas menemukan, orang yang pemaaf, kurang dari rasa kebencian, depresi dan marahnya maka sedikit sakit dan nyeri.

Emosi dan ketengangan otot, dan pikiran secara langsung memengaruhi sinyal rasa sakit Anda. Dendam buruk buat fisik Anda.

5. Duduk sepanjang hari

Kabar buruk untuk Anda yang duduk ketika bekerja seharian. Ini buruk buat kesehatan Anda. Duduk sepanjang hari mungkin membuat Anda enak, tapi Anda tak menjaga postur tubuh Anda dengan benar ketika duduk di depan komputer sepanjang hari.

Duduk juga menempatkan 50 persen lebih banyak tekanan pada tulang belakang dibandingkan berdiri. Jika kantor Anda tak memberikan meja berdiri untuk menjaga otot punggung sepanjang waktu, duduklah dengan sudut 130 derajat untuk mengurangi tekanan di tulang belajang. Akhirnya, pastikan kepala Anda tegak, tidak tegang ke depan bila memakai komputer.
4 dari 6 halaman


6. Stres

Jika Anda stres, seluruh tubuh Anda juga ditekan, termasuk otot-otot di leher dan punggung akan menegang. Dan jika Anda terus menekan, otot-otot yang tegang tidak mendapatkan kesempatan untuk bersantai yang menyebabkan rasa sakit.

Ada banyak cara untuk menurunkan tingkat stres Anda, termasuk latihan , meditasi dan mandi air hangat.
5 dari 6 halaman


7. Latihan lompat

Latihan membangun otot sangat penting untuk mendukung punggung Anda. Bila Anda tidak cukup mendapatkannya, otot Anda menjadi kaku, melemah dan cakram tulang belakang Anda menjadi merosot. Latihan yang memperkuat punggung dan perut adalah pilihan terbaik untuk Anda.
6 dari 6 halaman


8. Banyak junk food

Asupan kalori yang tinggi dan makanan yang rendah nutrisi menyebabkan penambahan berat badan. Kenaikan berat badan dapat menempatkan beban pada punggung Anda.

Kelebihan berat badan di bagian tengah tubuh menyebabkan panggul menarik ke depan, menciptakan stres bagian belakang.

Orang yang kelebihan berat badan berisiko osteoarthritis.

(Mel/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini