Sukses

Ikan Teri Simpan Beragam Manfaat untuk Tubuh, Cobain deh!

Miliki kandungan protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, dan fosfor, membuat ikan bertubuh mungil teri, memiliki manfaat untuk tubuh.

Miliki kandungan protein, lemak, karbohidrat, mineral, kalsium, dan fosfor, membuat ikan bertubuh mungil teri, memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Salah satu manfaatnya, dapat mencegah terjadinya pengeroposan pada tulang (Osteoporosis) akibat kekurangan kalsium.

Meski terkesan 'kampung', tapi manfaat yang dihasilkan oleh teri tak kalah dari ikan-ikan yang terkesan moderen. Maka itu, bila Anda ingin tulang tetap kuat, dan terhindar dari pengeroposan, ada baiknya untuk tidak menjauh dari ikan satu ini. Terutama bagi Anda yang wanita.

Dr. dr. Flastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK, dari Departemen Ilmu Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) mengatakan, ada baik bagi wanita mulai memenuhi kebutuhan kalsiumnya sedari remaja. Setidaknya, kebutuhan kalsium yang patut Anda penuhi ketika usia remaja sebesar 1.300 mg. Salah satu caranya untuk memenuhi kebetuhan kalsium itu, Anda bisa dapati dengan rutin mengonsumsi ikan teri.

"Kebutuhan kalsium bisa didapat dari susu. Kalau Anda memilih susu biasa, kalsium yang tersedia hanya 200 sampai 250 mg. Sedangkan susu yang diperkaya dengan kalsium lebih, terkandung sekitar 500 mg. Agar terpenuhi yang 1.300 mg, bisa didapat dari makanan lain, termasuk teri," kata Flastuti Witjaksono.

Hal ini disampaikan Dr. dr. Flastuti Witjaksono, MSc. MS. Sp.GK dalam acara Media Launch 'Anlene Generasi Bergerak', di Cone fX Sudirman, Jakarta, Jumat (18/10/2013)

Dilanjutkan Fiastuti, Osteoporosis merupakan penyakit silent disease yang mengancam baik wanita maupun pria. Akan tetapi, untuk penyakit satu ini memang paling banyak diderita oleh para wanita.

Tapi, penyakit ini memiliki faktor yang dihindari agar ia terhindar dari Osteoporosis. "Faktor yang bisa dihindari memiliki pola makan yang baik, konsumsi kalsium, dan gaya hidup yang diubah. Tidak lupa, untuk berolahraga," kata dia.

(Adt/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.