Sukses

Matikan Lampu Saat Tidur, Mampu Turunkan Berat Badan

Tidur dalam keadaan gelap membuat hormon melatonin membantu tubuh dalam proses pembakaran kalori.

Ingin menurunkan berat badan? Sederhana, cukup dengan matikan lampu saat tidur.

Menurut studi yang diterbitkan dalam Journal of Pineal Research, hal ini membuat hormon melatonin membantu tubuh memproduksi jenis khusus dari lemak pembakaran kalori.

Dalam studi tersebut, tim ilmuwan Spanyol dan Amerika melakukan percobaan dengan menggunakan 16 tikus. Beberapa tikus diberi minum air melatonin yang disempurnakan, sementara yang lain minum air biasa.

Pada akhir penelitian, para peneliti memeriksa tubuh setiap hewan untuk sel-sel lemak putih dan coklat. Lemak Putih dapat menyebabkan kenaikan berat badan, sementara lemak coklat membakar kalori bermanfaat penurunan berat badan.

Menariknya dikutip Womenshealthmag, Senin (7/10/2013), tikus yang minum air melatonin memiliki lebih kalori dan lemak putih berubah menjadi lemak cokelat.

Profesor di University of Texas Departemen Biologi Seluler dan Struktural yang juga rekan penulis studi Russel Reiter, Ph.D mengatakan, melatonin dapat memicu produksi lemak coklat bahkan mengubah beberapa lemak putih menjadi lemak coklat.

Jika efek ini diterapkan ke manusia melatonin bisa menjadi kunci untuk membakar lebih banyak kalori tanpa perlu diet. Sementara penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa latihan dan suhu dingin dapat memicu produksi lemak coklat juga.

"Melatonin bahkan lebih aman daripada kebanyakan OTC obat penghilang rasa nyeri," kata Reiter. (Mia/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.