Sukses

Gigi Berlubang, Masalah Besar di Kalangan Anak Sekolah

Sekitar 70 persen anak usia sekolah di Kota Padang, Sumbar mengalami masalah kesehatan gigi karena tidak tahu cara sikat gigi yang tepat

Sekitar 70 persen anak usia sekolah di Kota Padang, Sumatera Barat, mengalami masalah kesehatan gigi karena mereka tidak mengetahui waktu dan cara menyikat gigi dengan tepat.
     
"Berdasarkan hasil survei kesehatan gigi yang dilakukan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah tahun 2012, sekitar 70 persen anak usia sekolah dasar di Kota Padang mengalami gangguan gigi berlubang," kata Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah, drg Utmi Arma, di Padang, seperti dikutip dari Antara, Rabu (18/9/2013).
     
Menurut dia, pada Bulan Kesehatan Gigi Nasional pada tahun 2012, di Kota Padang berhasil dikunjungi sebanyak 2.081 orang dengan perawatan paling banyak pencabutan gigi, scaling dan penambalan.
     
"Dari kunjungan itu terungkap bahwa kesadaran masyarakat Kota Padang untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut masih perlu ditingkatkan," katanya.
     
Karies gigi adalah penyakit infeksi yang merusak struktur gigi. Penyakit ini merupakan penyebab gigi berlubang dan jika tidak ditangani dapat menyebabkan nyeri, gigi tanggal, infeksi, dan berbagai kasus berbahaya lainnya.
     
"Tingginya prevalensi karies gigi tersebut juga bisa disebabkan karena kurangnya edukasi orang tua terhadap pentingnya merawat gigi anak sejak dini, termasuk gigi susu. Email atau lapisan pelindung gigi pada gigi susu memang lebih tipis sehingga rentan rusak," kata Utmi Arma.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini