Sukses

Akibat Perubahan Cuaca, Wabah Tifus Ancam Warga Tabanan, Bali

Wabah penyakit tifus mulai mengancam warga Kabupaten Tabanan, Bali, sebagai dampak dari perubahan cuaca secara drastis dalam tiga bulan

Wabah penyakit tifus mulai mengancam warga Kabupaten Tabanan, Bali, sebagai dampak dari perubahan cuaca secara drastis dalam tiga bulan terakhir.

Data yang dihimpun dari RSUD Tabanan, Kamis, menyebutkan, selama periode Mei-Agustus 2013 jumlah pasien tifus mencapai angka 185 orang yang didominasi anak-anak dan balita.
     
"Pada periode yang sama tahun lalu, kami juga menangani 186 pasien tifus," kata Direktur RSUD Tabanan dr Nyoman Susila seperti dikutip dari Antara, Jumat (30/8/2013).
     
Di zal Anggrek RSUD Tabanan terdapat tiga pasien tifus, dua di antaranya masih balita yakni I Nengah Adi Putra (2,2) asal Abiantuwung Kelod dan I Putu Damar Cahyadi (3).
     
Menurut ayah Adi Putra, I Nyoman Darmaja (43), suhu badan putranya itu mencapai 38 derajat Celcius saat pertama kali dibawa ke RSUD Tabanan.
     
"Begitu dirujuk ke rumah sakit, ternyata anak saya positif terserang tifus," katanya.  Nyoman Susila menjelaskan bahwa tifus merupakan penyakit endemis yang terjadi di negara beriklim tropis, seperti Indonesia.
     
"Cuaca yang berubah-ubah secara drastis membuat bakteri penyebab tifus yakni ’Salmonela Typhosa’ menguat dan menyerang manusia. Penyakit ini tidak berbahaya karena sudah ada obatnya," katanya.
     
Menurut dia, penyebaran penyakit tersebut bisa melalui kontaminasi makanan dan minuman dari orang pembawa virus tifus.
     
"Penyakit ini bisa dicegah dengan cara mengonsumsi makanan yang sehat dan mencuci tangan sampai benar-benar bersih. Di samping itu  khusus untuk anak kecil untuk dikurangi atau dihindarkan dari makanan ringan yang menyebabkan batuk," katanya.

(Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.