Sukses

[VIDEO] Rambut Gimbal Asha yang Berisiko Bikin Lumpuh

Asha Mandela memiliki rambut yang panjangnya 16 meter. Namun, beratnya rambut membuatnya berisiko lumpuh.

Wanita berkulit hitam Asha Mandela memiliki rambut yang panjangnya melebihi bus, yakni 16 meter. Dan itu bukan rambut biasa melainkan gimbal. Beratnya rambut membuat Asha berisiko mengalami kelumpuhan.

Rambut gimbal Asha sudah memecahkan gelar Guinness World Record. Beratnya saja mencapai 19 kilogram (kg).

Dokter mengatakan, rambut Asha yang berat telah menyebabkan kelengkungan pada tulang belakang dan bagian belakang lehernya sudah mulai hancur.

Jika Asha tak segera memangkas rambut gimbalnya, ia bisa lumpuh. Namun, wanita berusia 50 tahun yang tinggal di AS menolak saran dokter. Ia memilih mempertahankan rambut yang sudah dirawatnya selama 25 tahun.

"Banyak orang menyebut saya sebagai Rapunzel hitam," kata Asha kepada Barcroff TV seperti yang dikutip News.au, Rabu (21/8/2013).

"Mereka menyebut saya sebagai legenda. Mereka menyebut saya sebagai keajaiban kesembilan di dunia. Orang-orang mengatakan kepada saya di setiap waktu saya menginspirasi mereka," katanya lagi.

Pemeliharaan rambut gimbal cukup sulit. Usai dikeramas agar rambut kering membutuhkan dua hari penuh. "Saya mencuci rambut saya sekali seminggu," kata Asha.

"Saya mencucinya seperti tiga kali dalam seminggu dan saya mengatakan itu begitu banyak," katanya lagi.

Asha mengaku, rambutnya itu tak pernah bermasalah ketika datang waktu intim dengan pasangannya. "Saya pikir itu menambah sedikit bumbu," katanya.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.