Sukses

Nelson Mandela Masih dalam Kondisi Kritis, Namun Stabil

Putri Nelson Mandela, Makaziwe Mandela menjenguk ayahnya di Rumah Sakit Pretoria Kamis lalu, seperti dikutip dari Iol, Senin (5/8/2013).

Putri Nelson Mandela, Makaziwe Mandela menjenguk ayahnya di Rumah Sakit Pretoria Kamis lalu, seperti dikutip dari Iol, Senin (5/8/2013).

Hingga kini sudah hari ke-55 Nelson Mandela dirawat di rumah sakit sejak 8 Juni 2013 akibat infeksi paru-paru.  Presiden Jacob Zuma mengatakan Mandela masih berada dalam kondisi kristis namun stabil.

"Mantan presiden ANC dan presiden pendiri negara yang bebas dan demokratis Afrika Selatan sayangnya masih di rumah sakit, di mana ia tetap dalam kondisi kritis namun stabil," kata Zuma dalam pertemuan bisnis di Midrand.

Polisi metro Tshwane masih berjaga-jaga di jalan masuk Celliers Street, meskipun lalu lintas tak ramai dan hanya sedikit orang yang mengunjungi rumah sakit untuk mengambil gambar di dinding yang penuh pesan dan bunga untuk Nelson Mandela.

Selain polisi, sejumlah wartawan lokal dan internasional tetap berada di luar kedua pintu masuk rumah sakit tempat Mandela dirawat. Dokter masih berusaha sebaik mungkin untuk kondisi terbaik, "Para dokter melakukan segala sesuatu yang mereka bisa untuk memastikan peningkatan kesehatannya," ucap Zuma.

Pemenang Nobel Perdamaian berusia 95 tahun itu bernapas dengan bantuan ventilator dan telah menjalani dialisis beberapa minggu, setelah ia dirawat di rumah sakit karena infeksi paru-paru. Mandela masuk rumah sakit pada 8 Juni 2013.

Mandela terpilih sebagai presiden kulit hitam pertama negara itu pada tahun 1994 dan menjadi ikon global untuk perdamaian dan pengampunan setelah rekonsiliasi dengan mantan penindasnya.

Mandela pernah menjalani 27 tahun penjara di bawah rezim apartheid. Ia dibebaskan dari penjara pada 1990.

(Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.