Sukses

Johanna Mazibuko Klaim Dirinya Wanita Tertua di Dunia

Johanna Mazibuko lahir di Afrika Selatan pada tahun 1894, tinggal di kota kecil Klerksdorp, barat laut dari Johannesburg, Afrika Selatan.

Setelah melalui masa penjajahan Inggris, apartheid dan era demokrasi yang dipimpin oleh Nelson Mandela, seorang wanita berkebangsaan Afrika Selatan mengaku bahwa dirinya berusia 119 tahun. Dan mengklaim ia adalah wanita tertua di dunia.

Johanna Mazibuko yang menurutnya lahir pada tahun 1894, tinggal di kota kecil Klerksdorp, barat laut dari Johannesburg, Afrika Selatan.

Johanna sendiri adalah anak pertama dari 10 bersaudara. Menurut anak Johanna, Her Tseko ibunya masih sehat dan mampu melakukan segala sesuatunya sendiri. Hanya ia tidak bisa berdiri terlalu lama.

"Meskipun usianya sudah tua, ibu saya memasak dan memakai pakaian sendiri. Ia juga sering mencuci. Namun ia sering pusing jika berdiri terlalu lama," kata Tseko seperti dilansir The Huffingtonpost, Senin (29/7/2013).

Walaupun Johanna sudah memberikan bukti sertifikat lahir, tapi pemerintah setempat masih mencari tahu keaslian dokumen tersebut.

Sebelumnya, orang tertua di dunia Jiroemon Kimura (116) asal Jepang, meninggal pada bulan Juni lalu. Ia lahir pada tahun 1897 dan bekerja di kantor pos selama 40 tahun dan setelah pensiun, ia bertani sampai berumur 90. (Baca juga: Orang Tertua di Dunia Masih Hidup dan Diakui Rekor Dunia)

(Fit/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini