Sukses

Edutainment Bikin Menarik Penyuluhan Narkotika di Sekolah

BNN menerapkan teknik penyuluhan narkotika ke sekolah-sekolah dengan menciptakan suasana yang relaks dan nyaman.

Pemberian informasi dan pembelajaran haruslah tidak membosankan. Suasana rileks dan nyaman dapat membantu seseorang untuk bisa menerima sesuatu dari luar. Badan Narkotika Nasional menerapkan metode tersebut, dengan teknik baru dalam melakukan penyuluhan narkotika ke sekolah-sekolah.

"Setiap orang itu butuh edukasi tetapi juga butuh hiburan, maka dari itu penyuluhan menggunakan teknik yang disebut edutainment," papar Direktur Advokasi Deputi Badan Narkotika Nasiona, Brigadir Jenderal Polisi Viktor Pudjiadi SpB, FICS, DFM, Jumat (12/7/2013).

Dengan teknik edutainment ini diharapkan informasi dapat mudah diterima oleh para siswa-siswa. Penyuluhan dibawakan secara santai dan menggunakan hiburan musik serta figur peraga.

"Diharapkan dengan pemberitahuan mengenai bahaya narkoba ini saat dibawakan dengan santai dapat mudah diingat dan diterap di kehidupan sehari-hari," jelas Victor.

Hipnoterapis Klinis Dr. MTH. Widya Saraswati CCH. CT., juga pernah mengatakan, memang kondisi seseorang yang rileks bisa membuatnya menyerap apa pun dengan cepat. "Saat rileks seseorang dapat menerima informasi dengan cepat," ujarnya.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini