Sukses

Awas, Perlakuan Tidak Adil pada Anak Picu Bunuh Diri!

Anda, para orangtua sebaiknya bersikap adil pada anak-anak. Bila dibeda-bedakan bisa jadi anak frustasi hingga bunuh diri

Tanpa disadari orangtua kerap membeda-bedakan anak yang satu dengan lainnya. Kecenderungan sikap seperti ini dapat menimbulkan kecemburuan, sakit hati bahkan tidak menutup kemungkinan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Beberapa kasus terjadi pada klien saya yang melakukan percobaan bunuh diri, alasannya karena sering dibeda-bedakan oleh orang tuanya," jelas Hipnoterapi, Dr. MTh. Widya Saraswati, CCH., CT seperti ditulis, Kamis (11/7/2013).

Memperlakukan anak-anak secara adil memang tidak mudah, namun ini menjadi tanggung jawab dan kewajiban orang tua. Kalimat berulang-ulang seperti "Kamu berbeda dengan kakakmu", "Kamu tidak lebih baik dari adikmu" menurut Widya kalimat seperti ini sebaiknya dihindari.

"Tanpa disadari orang tua terkadang mengucapkan kalimat-kalimat yang membandingkan anak yang satu dengan anak lainnya, sebaiknya jangan diucapkan karena dapat mengakibatkan hal yang tidak diinginkan," lanjut Widya.

Kalimat tersebut dapat menyebabkan anak merasa tidak dibutuhkan dan tidak dihargai. "Ketika orang tua berulang-ulang menyebutkan kalimat tersebut maka anak merasa tidak dihargai, sebaiknya orang tua berlaku adil dan banyak bersugesti positif," tambahnya. (Mia/Abd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini