Sukses

Takut Tak Bisa Jadi Orangtua yang Baik Malah Bikin Sulit Hamil

Pasangan suami istri ada yang takut tak bisa menjadi orangtua yang terbaik. Cara pikir ini tanpa disadari bisa menghambat Anda hamil.

Hampir setiap pasangan suami istri menantikan kehadiran buah hati di dalam keluarganya. Namun, ada pasangan yang sudah bertahun-tahun menanti, belum mendapatkan karunia terbesar itu. Jika Anda pernah berpikiran takut tak bisa menjadi orangtua yang baik ternyata bisa memengaruhi kehamilan Anda. Bisa saja, Anda jadi tak bisa hamil.

Ini bisa saja terjadi meski pasangan suami istri tak memiliki masalah dan hasil tes normal. Jika terjadi seperti itu, tak ada salahnya Anda memeriksa pikiran di alam bawah sadar Anda.

"Problem bisa dari masa lalu, masa sekarang, dan masa depan. Kalau masa depan misalnya takut tak bisa menghidupi anak, tidak bisa menjadi ayah atau ibu yang baik, yang terjadi wanita tak akan hamil dan pria tak akan bisa menghamili. Itu karena ketakutan masa depan dan efeknya dari sekarang," kata Hipnotherapis Klinis Dra. MTh. Widya Saraswati, CCH, CT, saat ditemui Liputan6.com, Jakarta, Sabtu (6/7/2013).

Menurut wanita yang pernah menjadi wartawati itu, ketakutan itu bisa juga karena pengalaman pribadinya yang memiliki orangtua yang sering cekcok, atau melihat pengalaman orang lain. Dan ketakutan itu akan terprogram dalam pikiran bawah sadar. Padahal, dari pikiran bawah sadar itu bisa berkembang dan menunjukkan gejala-gejala seperti tak kunjung hamil dalam beberapa tahun.

Dan untuk menemukan akar masalah yang tersimpan di alam bawah sadar, lanjut Widya, seorang hipnoterapis harus bisa menembus critical factor. Namun, tidak semua hipnoterapi bisa menemus critical factor.

(Mel/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.