Sukses

Ustaz `Jamaah` Maulana Tanggapi Pernyataan Seks dan Kusta

Pernyataan Ustaz `Jamaah` Maulana tentang hubungan seks saat menstruasi yang bisa menghasilkan anak berpenyakit kusta membuat Perhimpunan Mandiri Kusta (Permata) protes dan keberatan.

Ustaz Maulana menanggapi keberatan itu dengan menyebutkan, dia tak bermaksud menyinggung para penderita kusta. Pernyataan itu dikeluarkan untuk mengingatkan pasangan suami istri untuk tak melakukan hubungan intim ketika 'datang bulan' karena haram hukumnya.

"Itu ada hadistnya. Aku minta maaf kalau dia tersinggung karena saya harus menyampaikannya," kata Ustaz Maulana saat dihubungi Liputan6.com, melalui telepon, Selasa (21/5/2013).

Menurut Ustaz Maulana, pada episode ceramahnya yang berjudul 'Keluarga Berencana' itu ia tak mengupas tuntas soal kusta. Pernyataannya soal kusta menurutnya berdasarkan apa yang diketahuinya dari hadist.

Ustaz Maulana mengaku tak ingin memperpanjang masalah tersebut dan ia lebih memilih meminta maaf tanpa berkomentar panjang.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Amidhan mengatakan, ia selama ini belum menemukan hadist yang menyebutkan kalau hubungan intim saat menstruasi bisa menimbulkan penyakit kusta.

"Saya belum menemukannya. Tapi bersetubuh ketika menstruasi membuat darah yang keluar bisa menjadi sumber penyakit. Oleh karena itu diharamkan dan tidak diperbolehkan," kata KH Amidhan.

Selama ini, lanjut KH Amidhan, ia belum menemukan sebuah hadist yang menjelaskan jenis penyakit yang bisa ditimbulkan jika berhubungan intim saat istri sedang datang bulan. Tapi, pernyataan Ustaz Maulana menurutnya punya maksud yang baik tanpa ingin mencela kelompok tertentu.

"Pernyataan itu ada positifnya, supaya suami istri berhati-hati jangan sampai berhubungan badan ketika menstruasi. Kalau tidak bersebadan tak masalah," jelasnya.

Dalam ceramah agamanya, Ustaz Maulana menyinggung efek bercinta saat menstruasi dengan penyakit yang ditimbulkan.

"Siapa laki-laki yang mendatangi istrinya dalam keadaan halangan, melahirkan anak yang berpenyakit kusta. Karena dalam keadaan kotor dibuahi maka akan menghasilkan anak yang kotor dalam artian penyakitan. Padahal Islam mengatur itu demi kebaikan kita," kata Ustaz Maulana dalam ceramah tersebut.

(Mel/Abd)