Sukses

Kasus Diabetes di Usia Muda Semakin Marak Terjadi, Kira-Kira Apa Penyebabnya Ya?

Anak muda zaman sekarang banyak yang terkena diabetes. Kira-kira hal apa saja yang jadi penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta Di zaman dulu, diabetes seringkali dianggap sebagai penyakit usia tua. Namun, anggapan tersebut kini sudah berubah. Di beberapa tahun belakangan, diabetes bukan lagi sebuah penyakit yang bisa menimpa para orang tua saja, melainkan juga orang muda dan bahkan anak-anak. Populasi penderita diabetes di usia muda pun juga semakin bertambah seiring berjalannya waktu. 

Nah, untuk alasan orang-orang berusia muda bisa terkena diabetes sendiri paling umumnya dikarenakan gaya hidup yang kurang sehat. Tapi, apa saja sih pola hidup kurang baik tersebut hingga bisa menyebabkan penyakit kronis ini? Yuk, simak bersama informasi berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Konsumsi Gula yang Berlebihan

Jadi rahasia umum kalau makanan dan minuman di zaman sekarang banyak yang menawarkan rasa manis dan hal itu pun nyatanya digemari oleh banyak orang, termasuk yang masih di usia belia. Tapi, di balik rasanya yang manis, ternyata berbagai makanan dan minuman ini memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, lho. 

Sayangnya, tak semua orang menyadari fakta penting ini. Kebanyakan dari mereka hanya menikmati makanan dan minuman manis itu saja, tanpa memerhatikan risiko apa saja yang bisa didapatkan kelak. Mirisnya lagi, banyak anak-anak dan orang muda yang lebih memilih minuman manis ketimbang air putih yang jelas-jelas lebih sehat. 

Apabila dilakukan dengan frekuensi yang sering, gula dalam darah semakin meningkat dan berpotensi menjadi penyakit diabetes. Tak mau kan bila masalah kesehatan satu ini menimpa kamu? Oleh karena itu, kurang-kurangilah mengonsumsi yang manis-manis, agar gula dalam darah bisa lebih terkontrol. 

3 dari 4 halaman

2. Anak Muda Zaman Sekarang Juga Minim Bergerak

Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini ternyata tak selamanya memberikan dampak positif. Pasalnya, kehadiran gadget dan AI di sana-sini justru membuat banyak orang semakin malas untuk bergerak secara fisik. 

Bayangkan saja, yang dulunya kamu harus membeli makan dengan cara keluar rumah, kini justru tinggal pesan saja secara online dan makanan yang dipesan bisa segera dinikmati tanpa harus ke mana-mana. Jika ingin membeli barang-barang kebutuhan seperti furniture, kosmetik, skincare, dan baju juga bisa dilakukan lewat layar smartphone. Cukup cari barangnya, bayar secara online, dan barang yang dibeli akan sampai ke tempatmu dalam beberapa hari. 

Wajib kamu tahu bahwa tubuh yang kurang diajak bergerak bisa berpotensi mengalami berbagai penyakit dari ringan hingga serius, termasuk pula diabetes. Jika kamu semakin terbawa rasa malas untuk bergerak, gula di dalam darah pun akan mengendap dan membuat masalah pada tubuhmu. Untuk itu, cobalah sempatkan waktu untuk berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya, ya.

4 dari 4 halaman

3. Obesitas karena Sering Makan Makanan Instan dan Junk Food

Kehadiran makanan instan dan junk food memang cukup memberikan manfaat bagi orang-orang yang terlalu sibuk hingga tak sempat untuk masak sendiri di rumah. Tapi, tahukah kamu bahwa mengonsumsi jenis makanan seperti ini justru tidak disarankan karena bisa menyebabkan masalah obesitas. 

Apabila tubuh memiliki berat badan berlebih atau obesitas, maka akan ada kemungkinan untuk timbul permasalahan kesehatan lainnya, seperti diabetes. Itulah mengapa, jika tak ingin menjadi penderita diabetes di usia muda, kamu wajib menjaga berat badan yang ideal dan jangan lupa untuk pilah-pilih makanan yang lebih sehat dan bernutrisi.

Well, itulah tadi beberapa penyebab diabetes yang kini sering menimpa para orang muda. Buat kamu yang ingin terhindar dari penyakit satu ini, sering-seringlah menerapkan pola hidup yang sehat. Selain itu, jangan lupa untuk rutin memeriksakan diri ke dokter terdekat. 

Hal seperti ini wajib dilakukan agar kamu bisa mendeteksi kemunculan tanda-tanda diabetes sedari dini. Sebab, jika sudah terlanjur parah, diabetes ini bisa menjalar ke mana-mana dan sebabkan permasalahan kesehatan yang lainnya. Jadi, jangan ragu atau sungkan untuk pergi ke dokter dan memeriksakan diri sendiri, ya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini