Sukses

9 Kebiasaan Sederhana di Pagi Hari yang Bikin Kurus

Ini 9 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bikin Berat Badan Turun, Kamu Bisa Kurus

Liputan6.com, Jakarta - Mengawali pagi dengan kebiasaan yang sehat dapat menjadi kunci untuk menurunkan berat badan secara signifikan, terutama bagi individu dengan kelebihan berat badan atau obesitas yang berkeinginan untuk kurus.

Berikut adalah beberapa kebiasaan di pagi hari yang bisa membantu dalam proses penurunan berat badan jika dilakukan secara rutin dan konsisten, seperti dikutip dari WebMD dan Healthline pada Kamis, 2 Mei 2024.

1. Minum Segelas Air Putih

Meminum satu atau dua gelas air putih sebelum sarapan dapat membantu mengurangi nafsu makan dan merangsang metabolisme, membantu dalam proses pembakaran kalori.

 

2. Berolahraga Sebelum Sarapan

Berolahraga dengan perut kosong dapat membantu membakar lebih banyak lemak untuk bahan bakar, meningkatkan efisiensi olahraga, dan membantu dalam penurunan berat badan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

3 Sarapan Tinggi Protein

Sarapan kaya protein membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Di sisi lain, tubuh juga lebih sulit menyimpannya sebagai lemak.

Selain itu, menyantap makanan seperti telur, smoothie yogurt, selai kacang dengan gandum, atau sekadar minum whey, bisa meningkatkan metabolisme dan membantu tubuh dalam memecah kalori lebih efisien.

 

 

3 dari 7 halaman

4. Buatlah Rencana Makan untuk Seharian

Merencanakan makanan sepanjang hari dapat membantu dalam memilih makanan rendah kalori dan menghindari makanan berkalori tinggi.

5. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Paparan sinar matahari di pagi hari dapat membantu dalam pembakaran lemak tubuh, sehingga menjaga berat badan tetap terkendali.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang berjemur di pagi hari cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih rendah atau fisik yang lebih ramping dan langsing, dibandingkan orang yang berjemur di sore hari.

 

 

4 dari 7 halaman

6. Fokus Sama Makanan yang Kamu Makan

Hindari distraksi saat makan, nikmati makanan dengan penuh kesadaran, dan hindari kebiasaan makan sambil menonton TV atau menggunakan media sosial.

 

 

5 dari 7 halaman

7. Hindari Kopi Tinggi Gula

Tidak dianjurkan meminum secangkir topi dengan tambahan susu dan gula. Sebaliknya, mengonsumsi secangkir kopi hitam atau teh hijau di pagi hari bisa membantu kamu menghindari asupan kalori berlebihan. Sehingga keinginan untuk kurus dapat terwujud dengan cepat.

 

6 dari 7 halaman

8. Perbanyak Jalan Kaki

Berjalan kaki lebih sering dapat membantu membakar kalori lebih banyak dan menjaga berat badan tetap stabil.

Bagi kamu yang kerap bepergian menggunakan mobil pribadi, dianjurkan untuk parkir beberapa blok lebih jauh, sehingga memungkinkan kamu untuk lebih banyak melangkah. 

Semakin banyak waktu yang kamu habiskan untuk duduk, tubuh menjadi lebih sulit untuk membakar lebih banyak kalori.

 

7 dari 7 halaman

9. Tidur yang Cukup

Pastikan untuk mendapatkan cukup tidur setiap malam, karena kurang tidur dapat meningkatkan nafsu makan dan berpotensi menyebabkan penambahan berat badan.

Penting menemukan cara untuk mengendalikan stres sehingga kamu dapat rileks, tidur lebih cepat dan nyenyak, dan bangun di pagi hari dalam keadaan bugar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini