Sukses

Dokter Ingatkan Jus Jambu Biji Bukan Pengobatan Utama DBD

Kerap disebut-sebut mampu menaikkan tromobosit. Dokter ingatkan bahwa jus jambu biji bukan pengobatan utama

Liputan6.com, Jakarta Jus jambu biji kerap dijadikan sumber cairan utama saat seseorang terkena demam berdarah (DBD). Nyatanya, jus jambu biji bukanlah pengobatan utama kala seseorang terkena DBD seperti disampaikan praktisi kesehatan masyarakat, dokter Ngabila Salama dari RSUD Tamansari Jakarta.

"Ingat! Jambu biji bukan pengobatan utama DBD, hanya sedikit bermanfaat dan menjadi tambahan dari terapi utama yang diberikan dokter," kata Ngabila dalam pesan tertulis yang diterima Liputan6.com ditulis Sabtu, 30 Maret 2024.

Ngabila mengatakan bahwa bila seseorang terkena DBD, dokter akan memberikan pengobatan yang tepat.

"Obat utama demam berdarah adalah pemberian cairan dan menghentikan peradangan," kata Ngabila.

Meski begitu, tetap boleh mengonsumsi jus jambu atau potongan buah jambu. Tetap ada manfaatnya diantaranya:

1. Mengandung antioksidan untuk melawan peradangan atau inflamasi penyebab trombosit terus turun.

2. Mengandung flavonoid jenis kuersetin yang dapat menghambat virus dengue untuk memperbanyak diri di dalam tubuh sehingga trombosit tidak terus turun.

Bukan cuma buahnya, ekstrak daun jambu biji dapat menghambat pertumbuhan virus dengue dalam tubuh, mencegah perdarahan dengan meningkatkan jumlah trombosit 100.000/mikroliter dalam waktu 16 jam seperti kata Ngabila.

Jika ingin mengonsumsi jus jambu Ngabila mengingatkan untuk tidak membeli produk kemasan. Kenapa? Lantaran jus jambu biji kemasan biasanya mengandung tinggi gula.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Puncak DBD Diprediksi April 2024

Puncak kasus demam berdarah dengue (DBD) diprediksi terjadi pada April 2024. Harapannya tentu kita tidak terkena penyakit yang diakibatkan oleh virus dengue ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes agypti itu.

1. Menjaga Kebersihan Lingkungan

dengan menjaga rumah rapi serta jangan ada baju-baju menggantung karena bisa menjadi sarang nyamuk.

2. Lakukan PSN 3M Plus

PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) 3M Plus adalah menutup, menguras, mendaur ulang barang bekas yang berpotensi menjadi genangan air. Plus artinya memelihara tanaman pengusir nyamuk seperti sereh, lavender, rosemary, dan ikan pemakan jentik seperti cupang.

 

3 dari 4 halaman

3. Lakukan 1 Rumah 1 Kader Jumantik

 

Pastikan di setiap rumah sudah menunjuk kader juru pemantau jentik (jumantik) lewat program 1 rumah 1 kader jumantik. "Kader jumantik bertugas memberantas jentik nyamuk di sekitar rumah setiap Jumat pagi. Yakni pada jam 10.00 WIB selama 10 menit dan minimal 10 minggu," kata Ngabila.

3. Semprot Nyamuk atau Pakai Losion Nyamuk

Nyamuk DBD yakni Aedes aegypti aktif pada jam 8-10 pagi dan 16-18 malam. Ngabila menyarankan untuk melakukan penyemprotan nyamuk atau menggunakan losion antinyamuk secara mandiri.

4. Aktifkan PSN di 9 Tatanan

Pemberantasan sarang nyamuk perlu dilakukan di sembilan tatanan yakni tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri, tatanan permukiman dan fasilitas umum, tatanan satuan pendidikan, tatanan satuan pasar, tatanan pariwisata, tatanan transportasi dan tertib lalu lintas jalan, tatanan perkantoran dan perindustrian, tatanan perlindungan sosial, serta tatanan pencegahan dan penanggulangan bencana.

4 dari 4 halaman

5. Vaksinasi DBD

Seseorang yang sudah terkena DBD, masih bisa terkena sampai empat kali. Hal lantaran DBD punya 4 varian saat ini DEN 1,2,3,4.

Maka dari itu, Ngabila menyarankan untuk melakukan vaksinasi DBD untuk mengurangi keparahan bila terkena penyakit tersebut.

"Jika sudah sembuh DBD juga dapat langsung dilakukan vaksinasi dengue tanpa menunggu. Untuk usia 6-45 tahun, diberikan 2 kali selang pemberian 3 bulan," tutur Kepala Seksi Pelayanan Medik RSUD Tamansari Jakarta ini. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini