Sukses

UK Maranatha Berhasil Raih Akreditasi Unggul

Akreditasi Unggul, kata Prof Sri, tak hanya penting bagi pihak universitas Maranatha melainkan juga bagi mahasiswa dan alumni.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menjalani asesmen lapangan pada 15 Maret 2024, Universitas Kristen Maranatha berhasil mendapat akreditasi Unggul pada 20 Maret 2024. Status akreditasi tersebut ditetapkan melalui surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 330/SK/BAN-PT/Ak/PT/III/2024.

Dengan diraihnya akreditasi unggul, Rektor UK Maranatha Prof Ir Sri Widiyantoro, M.Sc, Ph.D, IPU menyebut, tugas selanjutnya dari universitas yang dipimpinnya itu adalah mempertahankan peringkat Unggul.

"Mempertahankan peringkat Unggul lebih sulit daripada meraihnya, tetapi dengan best practice dan kebiasaan baik yang telah diterapkan, Maranatha tinggal melanjutkan progres tersebut," ujar Prof Sri melalui keterangannya.

Mengenai persiapan akreditasi, Prof Sri menjelaskan bahwa hal tersebut telah dilakukan sejak 2020 melalui serangkaian program yang dikembangkan sebagai langkah persiapan jangka panjang.

Dia mengatakan, perkembangan UK Maranatha beberapa tahun terakhir semakin pesat sehingga dianggap layak untuk mengikuti proses reakreditasi. Prof Sri menekankan bahwa keunggulan universitas sangat bergantung pada sumber daya manusia (SDM) yang dimilikinya.

Akreditasi Unggul, kata Prof Sri, tak hanya penting bagi pihak universitas melainkan juga bagi mahasiswa dan alumni.

Dengan akreditasi yang baik, terbuka peluang bagi mahasiswa untuk berkarya lebih baik di masa depan.

Akreditasi institusi Unggul dan akreditasi internasional yang telah berhasil diraih oleh beberapa program studi membuka peluang bagi mahasiswa untuk berkarya lebih baik di masa depan, baik di dalam maupun di luar negeri.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berpacu Membangun Negeri

Sebelumnya, Kepala LLDIkti Wilayah IV Dr M Samsuri, S.Pd mengatakan pihaknya terus mendorong perguruan tinggi yang dapat memberi layanan pendidikan yang berkualitas bagi masyarakat.

"Berpacu dalam mutu, bersinergi membangun negeri. Urusan kualitas, kita harus berpacu, tapi kita punya satu tujuan, bersinergi untuk membangun negeri dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia," pesan Samsuri dalam pembukaan asesmen lapangan AIPT, 15 Maret 2024.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Perguruan Tinggi Kristen Maranatha (YPTKM), Orias Petrus Moedak, S.E. mengatakan bahwa akreditasi Unggul memiliki nilai penting karena menunjukkan posisi Universitas di mata masyarakat. Akreditasi juga dapat berfungsi sebagai alat untuk mengevaluasi pencapaian Universitas.

“YPTKM ikut mengkaji risiko operasional, keuangan, hukum, dan reputasi secara rutin. Yayasan juga turut menyiapkan bukti konkret untuk mendukung target akreditasi yang ingin dicapai,” papar Orias.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.