Sukses

Cyrus Margono Sah Jadi WNI, Siap Masuk Jejeran Kiper Top Timnas Indonesia Setelah Maarten Paes

Berikut Profil Cyrus Margono yang Sah Jadi WNI

Liputan6.com, Jakarta - Cyrus Margono, kiper yang bermain di kasta kedua Liga Yunani bersama Panathinaikos B, resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) setelah mengikuti prosesi pengambilan sumpah di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta. Prosesi tersebut dilakukan di Jakarta Timur pada Kamis, 21 Maret 2024, seperti dilaporkan Antara. 

Cyrus Margono menjalani proses sumpah WNI bersama ayahnya, Johan Margono, dan Staf Ahli Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Bidang Diaspora dan Kepemudaan, Hamdan Hamedan.

Cyrus tidak menjalani proses naturalisasi, hanya diberikan status sebagai Warga Negara Indonesia karena sebelumnya dia telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia. Namun, ketika dirinya ingin mendapatkan paspor, pengajuannya ditolak karena status WNI-nya ter-suspend.

Hal ini disebabkan karena cowok dengan tinggi 191 cm belum menentukan kewarganegaraannya setelah melewati batas usia maksimal, yaitu 21 tahun, karena dia merupakan anak dengan darah campuran dan lahir di luar negeri.

Cyrus Margono Berpeluang Perkuat Timnas Indonesia

Setelah menyelesaikan prosesi pengambilan sumpah WNI, Cyrus sekarang memiliki peluang untuk memperkuat timnas Indonesia di bawah asuhan pelatih Shin Tae Yong. Timnas Indonesia telah memiliki kiper-kiper top seperti Ernando Ari, Nadeo Argawinata, dan yang terbaru, Maarten Paes, yang merupakan kiper kelahiran Belanda.

Selain itu, Cyrus Margono juga juga berpeluang memperkuat timnas Indonesia pada Piala Asia U-23 Qatar yang dimulai pada 15 April 2024, mengingat umurnya yang baru 22 tahun. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil Cyrus Margono

Cyrus lahir di Mount Kisco, New York, Amerika Serikat pada tanggal 9 November 2001. Dia memiliki darah Indonesia dari ayahnya, sementara ibunya berasal dari Iran.

Sebelum bergabung dengan Panathinaikos B, Cyrus bermain untuk UK Wildcats di Amerika Serikat sebelum akhirnya pindah pada 30 Agustus 2021. Di musim ini, Cyrus telah tampil dalam 17 pertandingan di semua kompetisi, mencatatkan tiga clean sheets dan total 1.530 menit bermain.

Dengan menjadi Warga Negara Indonesia, Cyrus memiliki kesempatan untuk mengembangkan karier sepak bola internasionalnya dengan memperkuat timnas Indonesia. Hal ini tentunya memberikan harapan baru bagi sepak bola Indonesia untuk meraih prestasi di tingkat internasional.

 

3 dari 4 halaman

Potret Cyrus Margono Usai Resmi Jadi WNI

4 dari 4 halaman

Senyum Semringah Cyrus Margono Setelah Sah Jadi WNI

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini