Sukses

Rambut Bisa Alami Penuaan, Kenali Ciri-Ciri dan Pencegahannya

Pada rambut penuaan bukan hanya ditandai dengan kemunculan uban tapi ketika adanya kerusakan pada mahkota kepala tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Sama seperti kulit, rambut juga bisa mengalami penuaan. Penuaan pada rambut bukan hanya ditandai dengan kemunculan uban tapi ketika adanya kerusakan pada mahkota kepala tersebut.

"Tanda hair aging atau penuaan pada rambut bukan cuma beruban atau rambut putih saja," kata dermatologi dan estetika lulusan Universitas Udayana dokter Nevristia Pratama.

Nevris mengungkapkan ciri-ciri rambut mengalami penuaan diantaranya:

  • Rambut yang tadinya bercahaya jadi tampak lebih kusam
  • Rambut kehilangan warna, seperti menjadi lebih kuning 
  • Rambut lebih kering
  • Rambut bercabang dan mudah patah.

Selain faktor usia, faktor eksternal seperti hair dryer atau catok dengan frekuensi sering membuat rambut lebih cepat mengalami penuaan.

"Faktor eksternal seperti penggunaan hair styling dengan panas tinggi membuat rambut lebih cepat mengalami penuaan," kata Nevris dalam peluncuran Ellips Hair Vitamin Moroccan Series pada Rabu, 20 Maret 2024.

Cara Menjaga Rambut Tetap Muda

Nevris mengungkapkan bahwa ada beberapa hal yang bisa diupayakan agar rambut tetap sehat, berkilau dan muda. Diantaranya:

1. Mengonsumsi Nutrisi untuk Kesehatan Rambut

Perawatan dari dalam adalah aspek penting dalam menjaga kesehatan rambut. Supaya rambut sehat dan muda, Nevris menyarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein seperti daging ayam, daging sapi, telur, ikan. Lalu, dapat mengonsumsi vitamin C dan B5 serta suplemen mengandung zinc.

2. Menyisir dan Mengikat Rambut Saat Kering

Menyisir rambut dalam keadaan basah kerap dilakukan sebagian dari kita. Padahal, kata Nevris, hal itu berpotensi membuat rambut jadi rapuh.

"Makanya, kalau mau menyisir rambut atau mengikat rambut saat kering."

3. Hair Styling Secukupnya

"Boleh saja hair styling dilakukan, asal secukupnya dengan pemanas yang jangan terlalu tinggi sesuai jenis rambut," tutur Nevris.

4. Pemijatan Kepala

Memijat kepala selain bikin rileks ternyata bikin aliran darah jadi lancar lho. Hal ini membantu pertumbuhan rambut jadi lebih baik.

Step terakhir juga tak kalah penting yakni penggunaan produk perawatan rambut yang tepat. Salah satunya yang mengandung Morrocan Oil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5. Aplikasikan Produk Perawatan Rambut

Tips terakhir dari Nevris adalah perawatan rambut seperti memakai sampo dan masker rambut yang tepat serta gunakan vitamin rambut yang mengandung Morrocan Oil serta flavonoid. Kandungan tersebut kaya antioksidan yang membantu menjaga rambut tetap sehat.

"Morrocan Oil tinggi antioksidan. Sebagai based dari vitamin rambut yang berfungsi melembapkan, membantu mencegah rambut patah, menutrisi rambut serta membuat rambut jadi lebih lembut dan berkilau," kata Nevris.

Selain itu, Morrocan Oil juga memiliki asam lemak. Kehadiran asam lemak membantu memperkuat struktur dan elasitas rambut. Manfaat lain Morrocan Oil adalah untuk mencegah peradangan pada kulit kepala.

"Singkatnya, Morrocan Oil ini untuk membantu melawan penuaan pada rambut," tutur Nevris lagi.

3 dari 3 halaman

Ellips Beri Solusi Supaya Rambut Tetap Muda

Menjawab tantangan ini, Ellips memiliki produk hair vitamin dengan kandungan Morrocan Oil lewat rangkaian produk "Ellips Hair Vitamin Moroccan Series".

“Salah satu ingredients Ellips Hair Vitamin yakni Moroccan oil yang juga sering dikenal sebagai Argan Oil. Moroccan Oil mengandung berbagai nutrisi, salah satunya seperti vitamin E dan dapat menjadi antioksidan yang baik untuk kesehatan rambut,” kata Lidwina Natalia yang merupakan Head of Marketing Hair & Personal Care Kino.

Ellips vitamin rambut dengan Moroccan Oil tersedia dalam beberapa varian sesuai tipe rambut kebanyakan di Indonesia seperti untuk rambut rusak karena sering styling, rambut normal, dan untuk rambut diwarnai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini