Sukses

Dilema Persahabatan, Mendukung Sahabat tapi Sulit Terima Pasangannya

Pasangan sahabat terkadang tidak memenuhi kriteria atau ekspektasi kita.

Liputan6.com, Jakarta - Kebahagiaan bisa datang saat sahabat jatuh cinta dengan orang yang kamu setujui. Di sisi lain, ada kalanya kamu tidak menyukai pasangan baru mereka.

Setiap orang memiliki selera yang berbeda dalam memilih pasangan. Kamu tidak bisa memilih pasangan untuk sahabat, sehingga selalu ada kemungkinan mereka memilih orang yang berbeda dari pilihan kita. Ciri-ciri yang disukai setiap orang pun berbeda, termasuk sahabat yang memiliki kedekatan sekalipun.

Hal ini kadang menimbulkan rasa khawatir. Kamu bisa merasa pasangannya tidak memperlakukan sahabat dengan baik dan akan menyakitinya suatu hari ini. Hal ini tentu membuat situasi semakin rumit.

Cari Tahu Alasan Kamu Tidak Menyukai Pasangan Sahabat

Penting untuk memahami alasan di balik ketidaksukaan Kamu terhadap pasangan sahabat. Hal ini akan menentukan bagaimana kamu menangani situasi tersebut.

Dilansir dari Verywell Mind, terapis hubungan Kaylee Rose Friedman menjelaskan, "Masyarakat terlibat dalam hubungan romantis dengan berbagai alasan, dan umumnya sahabat bisa berakhir dengan pasangan yang dirasa tidak cocok dengan kamu."

Memahami alasan di balik ketidakcocokan ini akan membantu kamu menentukan langkah terbaik untuk diambil. Bisa dengan berbicara dengan sahabat tentang kekhawatiran kamu, mencoba menjalin hubungan yang lebih baik dengan pasangannya, atau menjaga jarak dari mereka.

Sehingga kamu tidak mengambil langkah yang terburu-buru dan berakhir pada keputusan yang salah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Masalah Kepribadian

Tidak menyukai pasangan sahabat adalah hal yang wajar. Alasannya bisa beragam.

Jika kamu tidak menyukai mereka karena iri dengan waktu yang mereka habiskan bersama sahabat, atau karena kamu merasa terganggu oleh mereka, itu bukan masalah besar.

"Penting untuk mencari kejelasan mengapa kamu tidak menyukai pasangan sahabat," kata Friedman.

"Hal tersebut akan membantu kamu membuat keputusan tentang bagaimana mengatasi situasi ini."

Namun, jika kamu tidak menyukai cara mereka berinteraksi dengan orang lain, atau kamu merasa khawatir untuk sahabat, ini bisa menjadi masalah yang lebih besar.

"Jika kamu merasa mereka kasar atau kurang peka, itu bisa menjadi tanda masalah yang lebih besar," kata Friedman. "Dan jika kamu merasa khawatir untuk sahabat kamu, ini mungkin baru awal dari situasi yang tidak nyaman."

2. Perlakuan Toxic

Salah satu alasan mengapa kamu mungkin tidak menyukai pasangan sahabat adalah karena bagaimana mereka memperlakukan sahabat kamu.

Jika kamu curiga terjadi penyalahgunaan atau bahkan perlakuan yang terlihat bisa berpotensi menjadi kekerasan, langkah yang tepat kemungkinan besar adalah berbicara dengan sahabat kamu tentang hal itu.

Persahabatan bisa membantu melindungi orang lain dari situasi yang tidak menguntungkan.

Namun, penting untuk memahami perasaan kamu sendiri sebelum berbicara dengan sahabat.

Psikolog Dr. Joshua Coleman Friedman menyarankan kamu bertanya pada diri sendiri, "Apakah kamu merasa tidak nyaman di sekitar orang ini, atau apakah kamu benar-benar khawatir dengan kesejahteraan sahabat?"

"Memahami apa yang dipicu dalam diri kamu adalah hal utama. Luangkan waktu untuk mencatat beberapa emosi yang kamu alami ketika memikirkan pasangan sahabat—ini dapat membantu kamu mendapatkan kejelasan tentang pengalaman emosi sendiri," kata Friedman.

3 dari 4 halaman

Apakah Kamu Mau Mencoba untuk Mengenal Dia Lebih Jauh?

Pertanyaan selanjutnya yang perlu kamu tanyakan pada diri sendiri adalah seberapa bersedia kamu untuk melanjutkan situasi ini.

Jika Anda menghargai persahabatan kamu, dan ingin melanjutkannya terlepas dari pasangan sahabatmu, maka langkah terbaiknya adalah mencari tahu apakah kamu bisa mencoba mengenal pasangan tersebut atau tidak.

1. Jika Jawabannya 'Tidak'

Kadang-kadang, kita bisa tidak menyukai seseorang, tanpa alasan tertentu. Hal ini bisa terjadi dengan pasangan sahabat terbaik kamu.

Jika kekhawatiran tentang hal buruk tidak terbukti dan setelah berulang kali mencoba untuk mengenal mereka kamu tetap tidak menyukai mereka, kamu mungkin harus menyesuaikan kembali persahabatan kamu.

"Benar-benar mungkin untuk mempertahankan persahabatan kamu walaupun tidak menyukai pasangan sahabat," kata Friedman.

Dia memberi tahu kita bahwa "hal ini akan membutuhkan banyak kejujuran, batasan yang kuat, dan komunikasi yang sehat antara kamu dan sahabat untuk menavigasi situasi ini dengan baik."

Dengan berbagi bagaimana perasaan kamu dengan sahabat dan bekerja sama untuk melangkah ke depan, kamu dapat menunjukkan ketidaksetujuan dan memberi tahu sahabat bahwa kamu memilih untuk tetap tidak menyukai pasangannya daripada mengakhiri persahabatan.

 

4 dari 4 halaman

2. Jika Jawabannya 'Iya'

Jika Anda tidak menyukai pasangan sahabat kamu tetapi ingin mencoba untuk menghilangkan perasaan itu, cobalah untuk terbiasa dengan mereka. Tanyakan pada diri kamu apakah kamu dapat belajar mengenal mereka, dan perhatikan respons serta perasaan batin kamu.

Friedman menyarankan untuk "Putuskan untuk benar-benar mengenal orang tersebut."

Habiskan waktu bertiga dengan mereka dan sahabat kamu.

Friedman mengatakan, "sebagian besar masalah akan berkurang ketika Anda benar-benar mulai memahami seseorang dan mengapa mereka menjadi seperti itu. Semakin kita mengenal seseorang, semakin mudah kita mengakses belas kasihan dan pemahaman terhadap mereka."

Kamu dapat mencoba untuk berhubungan dengan pasangan tersebut dengan cara yang sama seperti yang kamu lakukan untuk membuat teman baru.

Friedman mengatakan bahwa "bergabung dalam proyek atau tujuan bersama, terhubung dengan minat yang sama, menjadi penasaran dan bertanya banyak pertanyaan, dan berbagi kehidupan kamu sendiri adalah cara yang baik untuk terhubung dengan orang baru."

Dengan mencoba mengenal pasangan sahabat Anda dan membangun hubungan dengan mereka, Anda mungkin menemukan bahwa Anda mulai lebih menyukai mereka. 

Namun, pastikan hal ini tidak berlanjut pada hal-hal yang tidak diinginkan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini