Sukses

Donny Kesuma Meninggal Dunia Akibat Lemah Jantung, Punya Riwayat Penyakit Jantung Sejak 2015

Inilah Kronologis Donny Kesuma Meninggal Dunia Akibat Lemah Jantung

Liputan6.com, Jakarta - Donny Kesuma meninggal dunia di umur 55 tahun pada Selasa, 19 Maret 2024, malam, akibat lemah jantung. Anaknya, Ghassan Indira Kesuma, menyatakan lemah jantung yang terjadi pada sang ayah tidak sama dengan serangan jantung.

Hal ini untuk menjawab kabar yang menyebut bahwa Donny Kesuma dilarikan ke rumah sakit gara-gara terkena serangan jantung pada Minggu, 17 Maret 2024. "Untuk kena serangan jantung itu sebenarnya bukan serangan jantung. Namun, jantungnya menjadi lemah, tapi bukan kayak serangan tiba-tiba gitu," kata Ghassan seperti dilaporkan kanal Showbiz Liputan6.com.

Lebih lanjut Ghassan mengatakan bahwa ayahnya telah menderita sakit jantung sejak 2015. Bahkan, aktor yang juga atlet berprestasi di Tanah Air tersebut sempat menjalani pemasangan ring guna mengatasi permasalahan kesehatan. "Awal kena penyakit jantung itu 2015. Akhirnya diputuskan untuk memakai ring dalam satu jalur di jantungnya," ujarnya.

Kondisi Donny Kesuma Sebelum Meninggal Dunia

Sebelumnya, Donny Kesuma sempat dilarikan ke rumah sakit dan mendapat perawatan intensif karena lemah jantung. Dirinya memang sempat dirawat, dan sudah diperbolehkan pulang. Namun, setelah berada di rumah, kondisinya kembali menurun. Walhasil, keluarga memutuskan membawa Donny Kesuma ke rumah sakit di daerah Bekasi, Jawa Barat, pada Sabtu, 16 Maret 2024.

Ghassan mengungkapkan kronologi ayahnya dilarikan ke rumah sakit dan mendapat perawatan intensif. "Jadi, kronologinya, papa setelah pulang dari RS yang di Salemba itu yaitu Rumah Sakit Carolus, papa sudah diperbolehkan pulang karena hasil tes lab darahnya itu normal," kata Ghassaan Indira Kesuma lewat Zoom.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Donny Kesuma Minta Diantar ke Rumah Sakit

"Jadi, setelah dua tiga hari ke depan ternyata papa masih lemes sampai akhirnya kemarin tanggal 16 Maret jam 7 papa nelepon untuk minta dianterin ke rumah sakit karena papa bilang 'Papa udah nggak kuat ingin ke rumah sakit'. Minta diobatin sesegera mungkin karena udah sangat lemes," tambah Ghassaan.

Ghassaan menyebut ayahnya memang memiliki jadwal kegiatan yang sangat padat, terutama di malam hari. Hal itu yang membuat kualitas istirahat Donny menjadi terganggu.

"Jadi kualitas tidurnya terganggu. Orang sehat pun jika kualitas tidurnya terganggu mungkin dapat sakit, apalagi Papa yang sudah ada penyakit seperti ini malah tetap beraktivitas pada malam hari," katanya.

3 dari 3 halaman

Donny Kesuma Ucapkan Terima Kasih pada Para Suster

Donny sendiri masih terlihat aktif di akun media sosialnya sampai beberapa hari lalu. Unggahan terakhirnya yang dibagikannya pada Selasa, 12 Maret 2024, memperlihatkan dirinya melakukan swa foto dengan para suster yang merawatnya saat sakit. Donny tampak tersenyum di dalam foto itu. 

"Terima kasih para suster yang telah membantu saya tanpa henti. Semoga Tuhan selalu memberkati para suster dengan berkah yang tiada hentinya. Juga, Dr Hendra Kuncoro dan Dr Ike spesialis jantung. MAY GOD ALWAYS BLESS YOU," begitu bunyi caption yang ditulis Donny seperti dikutip dari Lifestyle Liputan6.com.

Sebagaimana diketahui, mantan atlet softball itu memang sempat menjalani perawatan medis akibat lemah jantung.

Kini, ungkapan itu menandai kehadiran online terakhir sang aktor layar lebar. Kolom komentar foto tersebut sekarang dipenuhi ucapan duka dan doa-doa baik untuk mengantar Donny menuju ketenangan abadi. "Semoga husnul khotimah kang Don 😢," tulis Ferry Maryadi.

Aktris senior Firdha Razak berkomentar, "Innalillahi Wainna Illaihi Rojiun... Semoga Almarhum Donny Kesuma meninggal dalam keadaan Husnul Khotimah. Turut berduka cita yang se dalam2nya, bagi keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan.. Alfatehah.. Aamiin Yaa Rabbal Aalamiin."

"Selamat jalan mas Donny. Semoga husnul khotimah," kata seorang warganet mendoakan mendiang Donny Kesuma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.