Sukses

Anak Donny Kesuma Ungkap Kondisi Ayahnya Sebelum Meninggal, Dokter Sempat Lakukan Pompa Jantung

Donny Kesuma Meninggal Dunia: Anak Ungkap Kondisi Ayahnya Sebelum Berpulang

Liputan6.com, Jakarta - Aktor Donny Kesuma meninggal dunia pada Selasa, 19 Maret 2024, malam, setelah menjalani perawatan di ruang ICU rumah sakit Primaya Bekasi karena lemah jantung. Anaknya, Ghassan Indira Kesuma, menceritakan kronologis kepergian bintang film 'Buya Hamka' tersebut.

Ditemui di rumah duka, Ghassan mengungkapkan bahwa kondisi Donny Kesuma sempat membaik saat dirawat di ruang ICU,"Kemarin, Alhamdulillah sudah dapat kabar papa cukup membaik, Alhamdulillah. Dosis obat diturunkan. Namun, Allah berkehendak lain."

Pada Selasa sore, Ghassan mendapatkan informasi bahwa kondisi ayahnya semakin memburuk. Situasinya semakin serius sehingga dokter akhirnya memberikan obat dengan dosis tertinggi. Ghassan Indira mengungkapkan, "Di sana sudah diberikan obat dengan dosis paling tinggi dan tidak bisa ditinggikan lagi."

"Jadi, akhirnya kami lihat beberapa menit untuk melihat tensinya, lalu, ternyata ada penurunan," tambahnya.

Lebih lanjut Ghassan menjelaskan bahwa 20 menit terakhir, keluarga dan dokter sepakat melakukan pompa manual pada jantungnya. "Namun, sudah 20 menit, papa enggak bisa tertolong lagi," ujarnya seperti dikutip dari Kapanlagi pada Rabu, 20 Maret 2024, pagi.

Menurut anak laki-lakinya itu, tim dokter tidak hanya memberikan obat dengan dosis tinggi tapi juga melakukan tindakan pompa jantung terhadap Donny Kesuma. Anak-anaknya menyaksikan langsung saat prosedur tersebut dilakukan oleh tim medis.

"Kita semua keluarga menyaksikan, perasaannya campur aduk," Ghassan menekankan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kondisi Donny Kesuma Memburuk

Ghassan mengakui kesedihannya melihat kondisi sang ayah yang semakin memburuk. Mengingat, mereka sudah memiliki rencana lain jika sang ayah pulih.

"Tadinya kita harusnya happy, akan melakukan lebaran, pergi, bikin rencana, tapi Allah bertakdir lain," ujarnya.

"Ya, kondisinya sedih semua sih. Tadi kakak juga minta maaf, atas kesalahan, karena kakak sebagai anak pertama, jadi dia harus bertanggung jawab" tambahnya.

Meski begitu, anak-anak Donny Kesuma telah menerima dengan ikhlas kepergian sang ayah. "Kita sudah ikhlas," katanya.

Jenazah Donny Kesuma disemayamkan di rumah duka di daerah Galaxy, Bekasi, dengan rencana pemakaman akan dilakukan di Taman Pemakaman (TPU) Tanah Kusir pada Rabu, 20 Maret 2024. Meskipun penguburan belum dikonfirmasi, Ghassan menyatakan bahwa rencana saat ini adalah untuk dikuburkan di TPU Tanah Kusir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini