Sukses

Pria Cenderung Naik Berat Badan Setelah Menikah, Kok Bisa?

Menurut studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Economics & Human Biology, pria lebih mungkin mengalami kenaikan berat badan setelah menikah dibandingkan wanita.

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda memperhatikan, teman yang baru saja menikah tampak lebih berisi dari sebelumnya?

Menurut studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Economics & Human Biology, pria lebih mungkin mengalami kenaikan berat badan setelah menikah dibandingkan wanita.

Pernikahan mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap indeks massa tubuh (BMI) pada laki-laki khususnya dalam lima tahun pertama setelah menikah.

Sementara itu, tidak ada korelasi yang jelas pada perempuan.

Para peneliti di Akademi Ilmu Sosial Tiongkok menganalisis data dari sepuluh putaran Survei Kesehatan dan Gizi Tiongkok yang berlangsung dari tahun 1989 hingga 2015.

Mereka menemukan bahwa pernikahan dikaitkan dengan peningkatan prevalensi kelebihan berat badan pada pria sebesar 5,2% dan peningkatan obesitas sebesar 2,5%.

Para ahli mencatat bahwa lonjakan BMI ini terjadi karena pria cenderung makan lebih banyak dan lebih sedikit berolahraga seiring dengan berlanjutnya pernikahan mereka.

“Pria menghadapi risiko obesitas yang signifikan seiring bertambahnya usia, jadi setelah menikah, penting bagi mereka untuk tidak 'melepaskan diri' dengan menjaga kebiasaan makan sehat dan berolahraga secara teratur,” Shiwen Quan, dari Chinese Academy of Social Science, katanya, New York Post mengutip Daily Mail

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa individu yang menikah cenderung memiliki BMI jauh lebih tinggi dibandingkan individu yang lajang. Secara spesifik, semakin puas seseorang dalam hubungan intimnya, semakin besar kemungkinan mereka mengalami obesitas – sebuah fenomena yang biasa disebut sebagai “lemak bahagia”.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cinta Tak Hanya Berdampak pada Kesehatan Fisik

Namun, hasil ini mungkin berbeda bagi orang Barat.

“Standar dalam memilih pasangan, tujuan pernikahan, adat istiadat upacara pernikahan, dan pembagian tugas rumah tangga setelah menikah sangat berbeda dengan standar yang lazim di masyarakat Barat. Oleh karena itu, dampak pernikahan terhadap BMI mungkin berbeda antara populasi Tiongkok dan Barat,” studi tersebut mencatat.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa hubungan romantis tidak hanya mengganggu kesehatan fisik Anda, tetapi juga dapat memengaruhi otak Anda. 

 

3 dari 3 halaman

Penelitian Hubungan Perilaku Pikiran dan Perasaan Cinta Romantis

Sebuah penelitian yang baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Behavioral Sciences dikatakan sebagai penelitian pertama yang memahami hubungan antara sistem aktivasi perilaku pikiran dan perasaan cinta romantis.

Meskipun telah lama dipahami bahwa cinta romantis memicu pelepasan apa yang disebut “hormon cinta” yang bertanggung jawab atas euforia yang dirasakan seseorang saat jatuh cinta, studi baru ini menemukan bahwa jatuh cinta dapat menyebabkan bagian otak "berantakan" sehingga tak dimungkiri kekasih menjadi pusat perhatian Anda. 

Namun, para ahli masih harus memahami lebih banyak tentang cinta - seperti halnya kebanyakan orang.

“Kami sebenarnya hanya tahu sedikit tentang evolusi cinta romantis,” kata pemimpin peneliti Adam Bode.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini