Sukses

20 Makanan yang Baik Dimakan Saat Sakit Flu, Mulai dari Sop Ayam hingga Ikan (2)

Makanan ini baik dimakan saat sakit flu karena memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk metabolisme tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda sakit, sering kali Anda mungkin tergoda untuk menikmati makanan cepat saji (junk food). Tapi, coba pikirkan lagi sebelum Anda memesan pizza atau mengambil secangkir es krim. Dari pada makanan cepat saji, lebih baik makan makanan yang memiliki nutrisi tinggi.

"Infeksi dapat menyebabkan kekurangan nutrisi penting untuk sementara waktu, terutama protein, vitamin B, tembaga, zat besi, vitamin C, dan seng," kata Melinda R. Ring, MD, seorang dokter penyakit dalam integratif di Northwestern Medical Group.

Melinda juga menambahkan bahwa kekurangan nutrisi membuat tubuh lebih sulit untuk melawan infeksi dan meningkatkan risiko komplikasi seperti pneumonia.

"Pilihan yang lebih baik adalah buah dan sayuran yang kaya nutrisi."         

Pada bagian pertama telah dibahas sepuluh makanan yang baik dimakan saat sakit flu. Tak hanya itu, ada lagi sepuluh makanan lainnya yang baik dimakan saat sakit flu, seperti dilansir dari Women's Health, pada Rabu, 28 Februari 2024.

 

1. Ikan Berlemak Tinggi

Vitamin D membantu menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat. Ahli gizi Mike Roussell, PhD menjelaskan bahwa kandungan vitamin D dalam ikan berlemak seperti salmon dapat membantu menjaga tingkat darah yang optimal ketika tubuh Anda tidak mengubah banyak vitamin dari sinar matahari.

2. Daging Domba

"Karena kandungan sengnya yang tinggi, daging domba merupakan salah satu makanan terbaik untuk mengatasi flu," kata Monica Auslander Moreno adalah konsultan nutrisi untuk RSP Nutrition. 

Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa mengonsumsi seng pada awal flu dapat memperpendek masa penyembuhannya selama satu hari, dan mengonsumsi tablet pencegahan setiap hari dapat mengurangi tingkat keparahannya. Pilihan lain yang mengandung seng termasuk biji labu dan buncis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Tomat

 Jika Anda seorang vegan, sup tomat adalah alternatif sup ayam yang luar biasa. Tomat kaya akan antioksidan likopen.

"Sebuah studi dari The Journal of American College of Nutrition menemukan bahwa suplementasi likopen selama delapan minggu dapat mengurangi penanda stres oksidatif (ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan dalam tubuh yang terjadi selama infeksi)," kata Megan Meyer, PhD, direktur komunikasi sains di International Food Information Council Foundation.

 

4. Sayuran Hijau

Sayuran hijau (salad) sangat baik dikonsumsi saat Anda mengalami gejala flu.

"Sayuran hijau adalah sumber vitamin E, antioksidan yang kuat," kata Meyer. Sebuah penelitian observasional yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Research menemukan bahwa melengkapi diet Anda dengan 200 IU vitamin E per hari dapat secara signifikan mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan infeksi saluran pernapasan bagian bawah dan atas.

 

5. Es Loli

Meyer mengatakan bahwa hidrasi adalah kunci ketika Anda sakit. CDC merekomendasikan untuk minum banyak air dan cairan bening lainnya untuk mencegah dehidrasi. Es loli juga dapat menenangkan tenggorokan dan mendinginkan jika Anda sedang demam, kata Gustashaw.

3 dari 4 halaman

6. Dark Chocolate

Menurut Meyer, cokelat hitam (dark chocolate) mengandung alkaloid pahit yang disebut theobromine yang telah terbukti dalam beberapa penelitian dapat mengurangi peradangan yang disebabkan oleh pilek.

 

7. Sayur Adas

Sayur adas patut dicoba pada kondisi ketika Anda sakit, karena sangat membantu. Menurut Meyer, minyak esensial adas dapat mengerahkan beberapa aktivitas anti-virus dan anti-influenza.

"Adas juga mengandung komponen antivirus dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan," kata Kristin A.R. Gustashaw, RD, seorang ahli gizi di Rush University di Chicago.

 

8. Ekstrak Elderberry

Anda tahu bahwa buah beri sangat ampuh dalam senyawa penangkal penyakit, sebagian karena kadar antosianinnya, yang menghasilkan warna-warna permata yang indah. 

Sebuah studi dari Journal of International Medical Research menemukan bahwa ekstrak elderberry, khususnya, lebih efektif melindungi dari influenza dan mengurangi keparahan virus pernapasan empat hari lebih cepat daripada plasebo. Dan ketika Anda terserang flu, empat hari bisa terasa seperti selamanya.

4 dari 4 halaman

9. Teh Hijau

Cara lain yang bagus untuk tetap terhidrasi saat Anda sakit adalah dengan menyeruput secangkir teh hijau.

"Teh hijau penuh dengan antioksidan dan mengandung katekin, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh," kata Gustashaw. Teh hijau juga dapat membantu menekan pertumbuhan virus.

Jika Anda tidak suka pahit, tambahkanlah sesendok madu. Seperti yang Anda ketahui, madu juga makanan lain yang baik untuk dikonsumsi saat Anda merasa tidak enak badan.

 

10. Buah Bit

Buah bit mungkin memiliki rasa yang tidak enak, tapi buah ini memiliki manfaat kesehatan yang besar, terutama saat Anda jatuh sakit karena pilek atau flu.

"Bit mengandung antioksidan yang disebut betalains yang dapat membantu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh infeksi," kata Gustashaw.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini