Sukses

Menjalin Hubungan Baru? Simak Saran Pakar agar Perjalanan Cinta yang Lebih Baik

Jika ada rasa cemas akan hubungan baru atau muncul rasa khawatir mengalami hal yang sama dengan kekecewaan dalam hubungan sebelumnya, simak saran dari pakar berikut

Liputan6.com, Jakarta Baru memiliki pacar? Selamat atas perjalanan awal hubungan baru. Di masa-masa awal memiliki hubungan yang baru sebagian besar didominasi oleh hal yang manis dan indah.

Tentu, kamu dan pasangan menjalani masa-masa ini dengan indah lantaran ini adalah waktu yang dimana pasangan menciptakan memori indah dan masa-masa merasa penuh cinta seperti disampaikan pakar hubungan Carmelia Ray.

Jika ada rasa cemas akan hubungan yang baru atau muncul rasa khawatir mengalami hal yang sama dengan kekecewaan sebelumnya, simak saran dari pakar berikut mengutip Brides.:

1. Masa Lalu Biarkan Berlalu

“Kesalahan besar yang dilakukan orang-orang saat berkencan dengan orang baru adalah membawa semua ketakutan, kekhawatiran, dan pengalaman hubungan negatif di masa lalu ke dalam hubungan mereka saat ini,” kata Ray.

Maka dari itu, Ray menyarankan untuk membiarkan masa lalu ada di masa lampau. Petik pelajaran berharga dari hubungan yang lalu. Itu saja sudah.

2. Jangan Membanding-bandingkan dengan Mantan

Lazim sekali pikiran ini datang kala punya hubungan baru. Misalnya membandingkan sosok pacar yang sekarang dengan yang lalu, sifat pacar sekarang dengan yang lalu.

"Jika pikiran ini sering muncul, coba tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini: Apakah menjalin hubungan untuk bersaing dengan orang lain? Apakah menjalin hubungan ini untuk mengesankan orang lain? Atau apakah menjalin hubungan karena menyukai pacar sekarang?" kata Ray.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Jangan Banyak Bicara, Lakukan Aksi Nyata

Hal yang menyedihkan jika hanya diberi janji semu alias tak kunjung jadi kenyataan.

4. Jangan Terus-Terusan Berusaha Bikin Pasangan Terkesan

Pada awal-awal menjalin hubungan bakal ada upaya ini. Namun, tidak perlu terus-terusan untuk membuat pasangan menjadi terkesan, terlebih jika dia memang sudah suka kamu seperti disampaikan Ray.

"Kamu bisa bangga dengan pencapaian diri tanpa perlu menyebutkannya secara langsung," lanjut Ray.

 

3 dari 4 halaman

5. Jangan Menuntut Waktu Pasangan Terus Menerus

"Sedikit rasa cemburu memang hal yang dibutuhkan dalam hubungan," kata Ray.

"Tapi kalau terus-terusan menuntut waktu dia untuk kamu dan membatasi hal dilakukan sebelum berkencan sebelumnya itu malah membahayakan hubungan," lanjutnya.

6. Tetap Punya Waktu untuk Keluarga dan Teman

Dalam hubungan baru, adalah hal biasa bagi pasangan untuk meninggalkan beberapa aktivitas yang biasa mereka lakukan. Termasuk memilih pergi bareng pacar ketimbang keluarga atau teman.Namun, ingat bahwa tetap penting menjalin hubungan dengan keluarga dan teman.

"Ketika selalu meninggalkan teman dan keluarga demi bersama pasangan baru, hal ini mungkin menimbulkan ekspektasi bahwa mereka tidak penting," kata Ray.

 

4 dari 4 halaman

7. Mendengarkan dan Tetap Penasaran akan Dia

“Mendengarkan adalah sebuah keterampilan dan alat komunikasi yang kebanyakan orang tidak melakukannya dengan baik,” kata Ray.

Ketika memberikan perhatian penuh kepada pasangan, hal itu membuat ia merasa didengarkan dan dihargai. Ketika menunjukkan rasa ingin tahu tentang siapa mereka dan apa yang mereka lakukan, hal itu tidak hanya menunjukkan ketertarikan pada kehidupan mereka tetapi juga membuat mereka merasa unik dan istimewa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.