Sukses

Rutin Berenang di Air Dingin Bermanfaat bagi Wanita Menopause

Wanita menopause yang rutin berenang di air dingin melaporkan mengalami peningkatan signifikan pada kesehatan fisik dan mental mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Studi baru menemukan, wanita menopause yang menjadikan berenang di air dingin sebagai bagian dari rutinitasnya melaporkan peningkatan yang signifikan pada kesehatan fisik dan mental mereka.

Dari 785 wanita yang disurvei, 46,9% mengatakan berenang meredakan kecemasan mereka; 34,5% mengatakan hal ini membantu perubahan suasana hati mereka; 31,1% mengatakan hal itu meningkatkan suasana hati mereka; dan 30,3% mengatakan hal ini mengurangi rasa panas mereka.

Temuan ini, dari para peneliti University College London, dipublikasikan minggu ini di jurnal Post Reproductive Health.

Air dingin sebelumnya terbukti meningkatkan suasana hati dan mengurangi stres pada perenang di luar ruangan, dan mandi es telah lama digunakan untuk membantu perbaikan dan pemulihan otot para atlet,” kata penulis studi senior Joyce Harper dalam sebuah pernyataan, dilansir New York Post.

“Studi kami mendukung klaim ini, sementara bukti anekdotal juga menyoroti bagaimana aktivitas tersebut dapat digunakan oleh perempuan untuk meringankan gejala fisik, seperti rasa panas, nyeri dan nyeri,” tambahnya.

Menopause – ketika seorang wanita telah melewati 12 bulan tanpa menstruasi – biasanya terjadi antara usia 45 dan 55 tahun. Gejalanya meliputi kecemasan, perubahan suasana hati, ketidaknyamanan saat berhubungan seks, kekeringan pada vagina, rasa panas, masalah tidur, penambahan berat badan, dan metabolisme yang melambat.

63,3% wanita menopause yang disurvei secara online untuk penelitian ini mengatakan bahwa mereka berenang khusus untuk meredakan gejala.

Seorang wanita berusia 57 tahun menyatakan, “Air dingin sungguh fenomenal. Itu telah menyelamatkan hidup saya. Di dalam air, saya bisa melakukan apa saja. Semua gejala (fisik dan mental) hilang dan saya merasa berada dalam kondisi terbaik.”

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Efek yang Lebih Nyata

Harper menceritakan bahwa mereka yang berenang dalam waktu lama mengalami efek yang lebih nyata.

Sebagian besar peserta akan keluar pada musim panas dan musim dingin, mengenakan pakaian renang, bukan pakaian selam. Pakaian selam dirancang untuk membuat penggunanya tetap hangat.

“Kehati-hatian harus dilakukan saat berenang di air dingin, karena peserta dapat berisiko mengalami hipotermia, sengatan air dingin, gangguan irama jantung, atau bahkan tenggelam,” kata Harper.

“Tergantung di mana mereka berenang, standar kualitas air juga bervariasi,” tambahnya. “Polusi limbah mentah semakin menjadi kekhawatiran umum di sungai dan laut di Inggris. Dan sayangnya, hal ini dapat meningkatkan kemungkinan gastroenteritis dan infeksi lainnya.”

 

3 dari 3 halaman

Perlu Penelitian Lebih Lanjut

Harper mengatakan penelitian lebih lanjut harus dilakukan mengenai frekuensi, durasi, suhu dan paparan yang diperlukan untuk mengurangi gejala menopause.

Timnya juga mempelajari efek berenang di air dingin pada wanita yang masih mengalami menstruasi.

Dari 711 wanita yang mengalami gejala menstruasi, 46,7% melaporkan bahwa berenang di air dingin meningkatkan kecemasan mereka; 37,7% mengatakan hal itu membantu perubahan suasana hati mereka, dan 37,6% mengatakan hal itu mengurangi sifat mudah marah mereka.

Para peneliti mengakui beberapa keterbatasan dalam penelitian mereka – termasuk bahwa survei tersebut hanya dilakukan oleh wanita yang sudah berenang di air dingin. Dan para wanita ini lebih mungkin untuk menyelesaikan jajak pendapat jika mereka melihat adanya hubungan antara berenang di air dingin dan gejala-gejala yang mereka alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.