Sukses

Waktu Terbaik Melakukan Meditasi, Pagi atau Malam?

Beragam studi mengatakan bahwa rutin melakukan meditasi dapat meningkatkan fokus, memori, mengurangi stres. Lalu, kapan waktu terbaik untuk meditasi?

Liputan6.com, Jakarta Beragam studi mengatakan bahwa rutin melakukan meditasi dapat meningkatkan fokus, memori, mengurangi stres, dan membantu membuat emosi stabil. Namun, di dunia yang saat ini penuh dengan distraksi, kapan waktu terbaik melakukan meditasi?

Jika Anda ingin mengatur ulang pikiran dan membuat mental lebih tenang, ada waktu-waktu tertentu yang terbaik dalam melakuakn sesi meditasi.

Menurut konsultan kesehatan dan kebugaran Shikha Agarwal, malam dan dini hari adalah waktu paling tepat untuk bermeditasi. Terpenting dalam dua waktu itu adalah suasana damai.

"Saat dini hari, pikiran tengah tenang setelah semalam tidur nyenyak adalah waktu tepat. Lalu, keheningan juga memungkinkan di waktu tersebut sehingga memungkinkan konsentrasi yang lebih baik dan pengalaman meditasi yang lebih mendalam, sehingga meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan,” jelas Agarwal mengutip Vogue, Selasa (20/2/2024).

Hindari Bermeditasi pada Waktu Berikut

Para ahli menyarankan untuk pikir-pikir ulang bila bermeditasi di siang hari terlebih usai makan berat.

“Bermeditasi setelah makan berat bisa menjadi kontraproduktif, karena tubuh fokus pada pencernaan, dan mungkin sulit mencapai fokus mental yang diperlukan untuk meditasi. Dianjurkan untuk menunggu beberapa saat setelah makan agar proses pencernaan tenang sebelum melakukan sesi meditasi kesadaran,” kata Agarwal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memulai Meditasi Bagi Pemula

1. Mulai Saja

Langkah pertama dalam meditasi adalah dengan duduk sendiri dan tidak memikirkan apa pun, kata pelatih yoga Garima Bhandari.

“Atur saja ritme napas Anda yang akan membawa Anda ke alam kesadaran dan kesadaran batin Anda. Meditasi yang paling kuat dan penuh perhatian adalah pengamatan dan refleksi terhadap pikiran Anda yang masuk dan keluar dari pikiran Anda selama proses tersebut," katanya.

Menurut Bhandari, hal ini memungkinkan Anda untuk berhubungan dengan diri sendiri pada tingkat yang lebih dalam dan memberikan stabilitas emosional yang membantu mengelola suasana hati yang berfluktuasi, dan emosi yang bervariasi.

2. Meditasi Selama yang Bisa, 3 Menit pun Tak Apa

"Seperti dengan memulai tiga menit dan melakukan rutin selama seminggu," kata pakar meditasi Andy Puddicombe.

Setelah tiga menit tidak terasa maka bisa ditambah lagi menjadi 5, 10, 20 menit. Lakukan penambahan durasi secara bertahap.

"Tubuh perlu membiasakan diri terhadap efek latihan, dan ini membutuhkan waktu tergantung pada tujuan Anda. Dalam beberapa bentuk meditasi, 20 menit sehari setiap hari sudah cukup. Jenis lainnya memerlukan waktu satu jam atau lebih,"kata psikoterapis klinis Radhika Bapat.

Efek langsung dari meditasi biasanya dirasakan dengan membantu menginduksi tidur dan mengurangi ketegangan otot.

 

3 dari 3 halaman

3. Luangkan Waktu

Tetapkan waktu untuk bermeditasi. Namun, tidak usah terpaku pada satu waktu daripada tidak meditasi sama sekali.

4. Ikut Kelas atau Aplikasi

Ikut kelas meditasi yang membantu lebih semangat melakukan meditasi. Bisa juga menggunakan aplikasi yang membantu lebih fokus dalam mengikuti meditasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.