Sukses

Cara Gwyneth Paltrow Jaga Kesehatan Fisik dan Mental, Salah Satunya Meditasi dengan Mata Terbuka

Secara khusus, Gwyneth Paltrow mempraktikkan meditasi “membuka mata” – bermeditasi sambil memusatkan perhatian pada lingkungan di sekitar dan fokus pada diri sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Selain dikenal karena film-filmnya, aktris Hollywood Gwyneth Paltrow juga menarik perhatian publik karena program-program sehatnya. Bahkan mantan istri Chris Martin ini memiliki situs Goop yang khusus membahas tentang treatment alternatif bagi kesehatan.

“Di awal usia 20-an, saya tidak memiliki banyak rutinitas pagi,” kata pendiri Goop, 51 tahun, dalam webinar untuk kemitraannya dengan Moments of Space, sebuah aplikasi meditasi, dikutip Business Insider.

Saat itu, aktris peraih Oscar itu terlalu sibuk tampil di film blockbuster bertabur bintang, berpesta di era telepon pra-kamera, dan berkencan dengan bintang Hollywood seperti Brad Pitt.

“Saya pergi keluar dengan teman-teman dan tidur larut malam atau bangun pagi-pagi sekali untuk berangkat ke lokasi syuting,” tambahnya.

Ini sangat kontras dengan kebiasaan Paltrow saat ini. Dia telah membangun kerajaan kesehatan yang tangguh dan rutinitas umur panjang yang mengesankan. Sekarang, rutinitas pagi Paltrow “melibatkan beberapa meditasi dan olahraga.”

Secara khusus, dia mempraktikkan meditasi “membuka mata” – bermeditasi sambil memusatkan perhatian pada lingkungan di sekitar Anda dan terhubung dengan diri Anda sendiri selama aktivitas sehari-hari – dan mengatakan bahwa meditasi membantunya “tetap hadir” dan “merasa lebih utuh.”

“Saya mengandalkan meditasi dengan mata terbuka untuk terhubung dengan diri saya yang tertinggi, untuk tidak terjerumus ke dalam reaktivitas, untuk mencoba dan menjauhkan ego saya,” katanya, seperti dikutip Independent.

“Terutama ketika kita merasa ada sesuatu yang tidak adil, atau tidak benar, seseorang tidak memenuhi kesepakatannya, atau semacamnya.”

Dia juga rupanya membayangkan tujuan yang lebih tinggi dari latihan ini.

“Saya percaya meditasi membuka mata berpotensi penting untuk mengubah dunia dan memperdalam cara kita terhubung dengan diri kita sendiri, dan orang lain,” katanya kepada Independent.

“Keadaan meditatif itu, kesatuan itu, saya sangat merasakannya dan saya pikir kita terhubung dengan kesatuan itu secara intrinsik menyembuhkan perpecahan. Karena Anda merasakan keterhubungan setiap manusia, hal ini mengedepankan empati.”

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tekankan Pentingnya Tidur, Menjaga Pola Makan dan Relaksasi

Ini bukan pertama kalinya Paltrow dikaitkan dengan ritual kesehatan yang tidak lazim.

Sebelumnya Paltrow menghadapi reaksi keras atas makanan kaldu tulangnya dan telah berpartisipasi dalam terapi ozon rektal yang “sangat aneh”, selain menggembar-gemborkan produk kesehatan mewah di panduan hadiah Goop yang diperuntukkan bagi mereka yang mampu mengeluarkan banyak uang untuk membelinya.

Paltrow juga menekankan “kesamaan yang konsisten” yang teruji dan benar, seperti tidur, relaksasi, dan pola makan.

“Tidur itu sangat penting. Mengelola pikiran Anda, menurut saya, sangat penting untuk mengelola respons stres. Stres dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh Anda tidak berfungsi dengan baik, hal itu sudah terdokumentasi dengan baik,” jelasnya.

“Juga, menurutku kualitas hubungan, dan tentu saja, tidak terlalu banyak mengonsumsi alkohol, gula, dan hal-hal semacam itu.”

 

3 dari 4 halaman

Mengandalkan Tes Kesehatan

Namun dalam “menyusun rencana umur panjang [nya],” dia juga mengandalkan “tes” untuk memastikan kesehatan seluruh tubuh, meskipun beberapa ahli skeptis tentang betapa pentingnya pemeriksaan rutin yang ketat tersebut.

“Ada protokol skrining baru yang luar biasa untuk memindai penanda tumor dalam darah, semua jenis pencitraan canggih, dan hal-hal seperti itu,” katanya. “Dan karena kedua orang tua saya pernah menderita kanker, saya mungkin sedikit lebih proaktif dibandingkan orang kebanyakan.”

 

4 dari 4 halaman

Punya Riwayat Kanker di Keluarga

Paltrow hanya terpaut tiga tahun dari usia ayahnya, Bruce Paltrow, ketika didiagnosis kanker tenggorokan. Sutradara-produser, yang saat itu berusia 54 tahun, meninggal pada tahun 2002 karena komplikasi penyakitnya. Sementara ibunya, aktris Blythe Danner yang berusia 81 tahun, kemudian didiagnosis menderita kanker yang sama.

Bisa dibilang, diagnosis ayahnya merupakan peringatan serius dari usianya yang menginjak 20-an, katalis untuk penjelajahannya ke dalam “seluruh dunia kesehatan dan mindfulness,” katanya.

“Latihan umur panjang saya akan berkembang seiring dengan semakin banyak yang saya pelajari. Dan saya pikir saya hanya ingin tetap terbuka terhadap modalitas dan ilmu pengetahuan yang muncul mengenai apa yang akan terjadi dalam 10 tahun ke depan,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.