Sukses

Kegagalan dalam Pemilu 2024 Picu Masalah Kesehatan Mental, Islam Tawarkan Solusi Soal Konsumsi Talbinah

Asupan nutrisi yang baik untuk perbaiki kesehatan mental menurut Islam.

Liputan6.com, Jakarta - Kekalahan dalam pemilihan umum atau Pemilu 2024 dapat membuat para calon yang gagal maupun pendukungnya mengalami masalah mental.

Menurut dokter spesialis kedokteran jiwa RS Pondok Indah (RSPI) - Pondok Indah, Ashwin Kandouw, semua masalah mental ini bisa terjadi tergantung pada persepsi seseorang terhadap sebuah kekalahan.

"Semua ini bisa terjadi tergantung dari bagaimana orang tersebut mempunyai persepsi terhadap kekalahannya, kesiapannya menghadapi kekalahannya, ketangguhan mentalnya untuk bisa menerima kekalahan," kata Ashwin dalam wawancara daring pada Selasa, 13 Februari 2024.

Lantas, bagaimana agama Islam memandang masalah mental seperti ini?

Melansir NU Online, hal ini dijelaskan dalam thibbun nabawi (hadis tentang kesehatan). Disebutkan bahwa rasa sedih karena kehilangan sesuatu yang dicintai seperti orang tersayang, cita-cita, impian, maupun penyebab lainnya harus dikelola dengan baik.

Selain dengan terapi kejiwaan, penggunaan obat-obatan dan nutrisi juga merupakan ikhtiar dalam terapi untuk merawat kejiwaan dan mental.  

Ummul mukminin Sayyidah ‘Aisyah radliyallahu ‘anha dalam hadits riwayat Bukhari menjelaskan salah satu bahan nutrisi untuk kesehatan mental sebagai berikut:

 عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا أَنَّهَا كَانَتْ تَأْمُرُ بِالتَّلْبِينِ لِلْمَرِيضِ وَلِلْمَحْزُونِ عَلَى الْهَالِكِ وَكَانَتْ تَقُولُ إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ التَّلْبِينَةَ تُجِمُّ فُؤَادَ الْمَرِيضِ وَتَذْهَبُ بِبَعْضِ الْحُزْنِ ‏  

Artinya:

“Dari ‘Aisyah radliyallahu ‘anha, Beliau memerintahkan untuk mengonsumsi talbinah (adonan yang terbuat dari tepung barley kasar) untuk orang yang sakit dan orang yang sedih karena musibah yang menimpanya.”

“Dia juga berkata, sesungguhnya saya mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya talbinah itu dapat menyembuhkan hati yang sakit dan menghilangkan kesedihan.” (HR Bukhari).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mengenal Barley, Bahan Baku Talbinah

Melansir Medical News Today, barley adalah biji-bijian sereal yang biasanya digunakan untuk membuat roti, minuman, dan hidangan lainnya.

Sebagai gandum utuh, barley menyediakan serat, vitamin, dan mineral. Nutrisi ini dapat meningkatkan kesehatan jantung, membantu mencegah kanker, mengurangi peradangan, dan banyak lagi.

Hadits yang menyebutkan bahwa "Talbinah" atau adonan barley berkhasiat menyembuhkan hati yang sakit dan kesedihan juga disebutkan oleh Al-Hafiz Adz-Dzahabi dalam kitab At-Thibbun Nabawi (Al-Hafiz Adz-Dzahabi, At-Thibbun Nabawi, [Beirut, Dar Ihyail Ulum: 1990], halaman 240).  

Talbinah dalam bahasa Arab berasal dari kata yang sama dengan susu (laban) karena wujudnya setelah matang berupa bubur putih dan kental seperti susu kental.

Bahan baku tepungnya berasal dari biji-bijian tanaman sejenis gandum yang dikenal dengan Barley (Hordeum Vulgare). Di Nusantara, tanaman yang mirip dengan Barley adalah “Pearl Barley” atau Barley Mutiara yang dikenal dengan biji jali, jelai atau hanjeli (Coix Lacryma).  

3 dari 4 halaman

Cara Konsumsi Talbinah

Dalam riwayat yang lain, Talbinah disuguhkan dengan campuran kuah daging campur roti atau tsarid.

Hidangan itu biasanya dihidangkan untuk keluarga yang berduka karena baru ditinggal wafat oleh salah seorang anggota keluarga. Jadi suasana sedih yang dialami hati dapat diharapkan berubah menjadi lebih baik dengan menu racikan yang salah satunya terbuat dari Talbinah.  

Talbinah perlu dicampur dengan bahan lainnya agar rasanya lebih enak. Sebagaimana pengakuan Sayyidah ‘Aisyah, rasa asli Talbinah tidak enak sehingga banyak yang tidak suka.

Namun, kemanjuran Talbinah membuatnya menjadi pilihan bagi para terapis untuk diberikan sebagai nutrisi bagi pasien-pasiennya.  

Salah satu bahan campuran Talbinah yang membuat rasanya lebih enak adalah madu. Campuran ini juga disebutkan dalam kitab At-Thibbun Nabawi karya Adz-Dzahabi. Campuran talbinah dengan madu terbukti dapat mengurangi depresi, stress, dan gangguan mood (Badrasawi, 2013, Effect of Talbinah Food Consumption on Depressive Symptoms among Elderly Individuals in Long Term Care Facilites, Randomized Clinical Trial, Clinical Interventions in Aging, Vol.8: halaman 279-285).  

4 dari 4 halaman

Jadi Makanan Rutin Tokoh Islam

Barley atau tepung sya’ir dari sejenis gandum kasar di wilayah Arab dikenal sebagai makanan sederhana. Penampilannya yang tidak sebagus gandum menjadikan biji-bijian asal-muasal Talbinah itu sebagai makanan rakyat jelata.

Uniknya, seorang tokoh besar Islam yang bernama Salahuddin Al-Ayyubi menjadi pengonsumsi makanan sederhana ini. Kesederhanaan hidup Salahuddin tercermin dari makanannya.

Barley atau Jelai adalah salah satu biji-bijian yang dikenal sebagai makanannya orang miskin. Meskipun demikian, Salahuddin tidak gengsi untuk mengonsumsinya. Bahkan pasukan Muslim yang terlibat dalam Perang Salib juga menjadikan Barley sebagai salah satu makanan utamanya.  

Panglima besar kaum muslimin itu mengonsumsi barley dengan cara yang tidak biasa, yaitu dijadikan air jelai. Salahuddin meminumnya ketika sedang menjalani masa-masa yang penuh keprihatinan. Ternyata air jelai merupakan saripati barley yang isinya sama dengan kandungan talbinah.   

Contoh ini sangat penting mengingat Salahuddin Al-Ayyubi tidak saja panglima dalam perjuangan fisik, tetapi juga seorang ahli politik dan negarawan. Perjuangannya di medan perang dalam jangka panjang juga tidak luput dari kekalahan meskipun pada akhirnya beliau keluar sebagai pemenang.

Tekanan demi tekanan selama berperang, ditambah dengan tekanan politik tentu membuat mental Salahuddin ditempa dengan pahit dan getirnya perjuangan yang mampu mengguncang jiwa. Bila talbinah sangat kental menyerupai bentuk antara bubur dan susu, air jelai konsistensinya lebih encer sehingga menjadi minuman.

Ketika dikonsumsi dalam kondisi yang masih hangat, air Jelai yang dicampur madu memberikan efek yang lebih besar dan manfaat yang lebih banyak. Berdasarkan hasil penelitian, air barley yang setara dengan talbinah ini sangat bermanfaat untuk sistem saraf sehingga mampu mengurangi gejala depresi. Kandungan yang berkhasiat adalah karbohidrat, mineral seperti Zinc dan Magnesium, serta beberapa asam amino.

Kandungan Zinc sebesar 5 mg per sajian Talbinah maupun air barley terbukti memberikan efek perbaikan pada kondisi depresi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.