Sukses

WHO Kembali Serukan Kewaspadaan Terhadap Penyakit X

WHO telah mengeluarkan peringatan baru tentang kemungkinan merebaknya Penyakit X.

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Ghebreyesus, telah mengeluarkan peringatan baru tentang kemungkinan merebaknya Penyakit X. Tedros mengatakan kepada para pemimpin dunia bahwa “masalahnya adalah kapan, bukan bagaimana jika” suatu patogen dan pandemi baru akan menyerang.

Tedros mengatakan kepada para peserta World Government Summit di Dubai awal pekan ini bahwa ia memberikan peringatan serupa pada tahun 2018 mengenai pandemi kemungkinan besar akan terjadi, dan ia terbukti benar dengan merebaknya virus corona.

Mengeluh bahwa dunia masih belum siap menghadapi pandemi baru, Tedros sekali lagi menekankan pentingnya perjanjian global yang harus disepakati pada bulan Mei dan menepis kecurigaan bahwa perjanjian tersebut merupakan perebutan kekuasaan oleh WHO sebagai hal yang aneh.

Dilansir New York Post, dia menyebut perjanjian itu sebagai “misi penting bagi kemanusiaan.”

“Hari ini saya berdiri di hadapan Anda setelah terjadinya COVID-19 dengan jutaan orang meninggal, dengan guncangan sosial, ekonomi, dan politik yang terus berlanjut hingga hari ini,” kata Tedros.

“Meskipun beberapa kemajuan telah dicapai, seperti perbaikan dalam pengawasan, Dana Pandemi, peningkatan kapasitas produksi vaksin… dunia belum siap menghadapi pandemi.

“Pelajaran menyakitkan yang kita pelajari kini terancam terlupakan seiring perhatian beralih ke banyak krisis lain yang dihadapi dunia kita.”

Tedros mengatakan bahwa jika dunia gagal mengambil pelajaran dari hal tersebut, “kita akan membayar mahal di lain waktu, dan akan ada waktu berikutnya.”

“Sejarah mengajarkan kita bahwa pandemi berikutnya adalah soal kapan, bukan bagaimana jika,” tambah Tedros.

“Ini mungkin disebabkan oleh virus influenza, atau virus corona baru, atau patogen baru yang bahkan belum kita ketahui – yang kita sebut Disease X.”

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penyakit X

Penyakit X adalah virus “penampung” hipotetis yang belum terbentuk, namun para ilmuwan mengatakan penyakit ini bisa 20 kali lebih mematikan daripada COVID-19.

Sekitar delapan tahun yang lalu, penyakit ini ditambahkan ke daftar pendek patogen WHO untuk penelitian yang dapat menyebabkan “epidemi internasional yang serius,” menurut siaran pers WHO tahun 2022.

“Saat ini, dunia masih belum siap menghadapi Penyakit X berikutnya, dan pandemi berikutnya,” katanya.

Tedros mengatakan ada banyak perhatian terhadap Penyakit X akhir-akhir ini, namun dia menegaskan bahwa penyakit ini bukanlah hal baru.

“Kami pertama kali menggunakan istilah Penyakit X pada tahun 2018, pada saat yang sama ketika saya berbicara di Konferensi Pemerintah Dunia ini, sebagai pengganti penyakit yang bahkan belum kita ketahui, namun kita masih dapat mempersiapkannya.”

“COVID-19 adalah Penyakit X, patogen baru yang menyebabkan penyakit baru. Tapi akan ada Penyakit X lainnya, atau Penyakit Y atau Penyakit Z.”

3 dari 3 halaman

Perjanjian Kesiapsiagaan Pandemi

Dalam persiapan menghadapi wabah berikutnya, ia mengatakan waktu terus berjalan bagi negara-negara untuk berkumpul dan menandatangani perjanjian internasional mengenai kesiapsiagaan pandemi, dengan hanya 15 minggu tersisa dari jangka waktu yang disepakati pada tahun 2021.

Tedros mengatakan perjanjian tersebut, yang telah dimiliki oleh pemerintahan Biden terlibat dalam perundingan, merupakan serangkaian komitmen negara-negara untuk memperkuat pertahanan dunia dengan pendekatan “satu kesehatan”.

Meskipun 'Penyakit X' adalah virus pengganti hipotetis yang belum terbentuk, para ilmuwan memprediksi penyakit ini bisa 20 kali lebih mematikan daripada COVID.

Hal ini akan melibatkan kerja sama dalam penelitian dan pengembangan, akses terhadap vaksin dan produk lainnya serta berbagi informasi, teknologi dan sampel biologis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini