Sukses

Usai Putus Cinta? Jangan Langsung Kencan dengan Orang Baru, Perhatikan Hal Berikut

Bagi kamu yang baru putus cinta, tidak disarankan untuk langsung memiliki hubungan baru atau kencan dengan orang baru.

Liputan6.com, Jakarta Setelah putus cinta dari kekasih, rasa sepi terasa nyata adanya. Bagi sebagian orang, rasanya ingin segera mencari sosok baru lagi yang mengisi hari-hari. Namun, pakar menyarankan untuk tak langsung berkencan dengan orang baru usai putus cinta.

"Kebanyakan orang membutuhkan satu atau dua bulan untuk memproses perpisahan atau patah hati, berduka, dan mengambil pelajaran dari hubungan yang alam sebelum kembali menjalin hubungan baru," kata psikolog Paulette Kouffman Sherman.

Sementara itu, bagi kamu yang menjalin hubungan lebih dari satu tahun, besar kemungkinan butuh waktu lebih lama untuk bisa pulih. Sekitar tiga hingga empat bulan baru bisa kembali kencan dengan orang baru.

Namun, hal terpenting sebelum menjalin hubungan dengan orang baru adalah tentang cara pikir. Pastikan kamu sudah tidak dalam posisi patah hati. Pastikan sudah melewati rasa sedih kehilangan hubungan lalu masuk ke dalam keinginan kembali rindu melakukan hobi dan berkumpul dengan teman-teman dan keluarga.

“Dengan cara ini, kamu akan merasa utuh dan memiliki harga diri yang tinggi sebelum kembali menjalin hubungan berikutnya. Jadi, kencan yang selanjutnya tidak hanya mencoba mengisi lubang 'sedih atau kesepian' itu,” kata Sherman mengutip Glamour, Sabtu, 17 Februari 2024.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Petik Pelajaran dari Hubungan yang Lampau

Memiliki waktu sendiri usai putus cinta juga jadi saat yang tepat untuk memetik pelajaran dari hubungan yang lampau. Lalu, bisa tahu juga hal apa yang bisa dibawa dalam hubungan selanjutnya.

“Ketika hubungan berakhir, bisa jadi sarana untuk mengajari tentang diri sendiri, seperti cara komunikasi, apakah gaya tersebut efektif atau tidak, cara menangani rasa tidak aman, konflik, dan hidup berdampingan sebagai individu dan sebagai bagian dari dua orang secara bersamaan,” kata psikolog Sanam Hafeez.

Jadi, ketika memulai hubungan baru atau kencan dengan orang baru tidak untuk mengalihkan perhatian dari perpisahan.

3 dari 4 halaman

Ciri-Ciri Siap Jalin Hubungan Baru

Untuk memastikan bahwa Anda siap menjalin hubungan yang baru, simak beberapa tanda menurut situs Brides di bawah ini:

1. Sudah Melupakan Mantan

Salah satu tanda Anda siap memulai hubungan baru adalah sudah move on dari hubungan masa lalu.

"Tidak ada yang siap untuk berhasil berkencan lagi kecuali mereka sudah sembuh dari patah hati sebelumnya," kata psikolog klinis Randi Gunther.

Jika Anda masih terus memikirkan mantan, mengejarnya, serta selalu membandingkan pasangan yang sekarang dengan mantan, artinya Anda belum siap memulai hubungan baru dengan orang lain.

2. Siap Mengambil Risiko

Setiap hubungan pasti ada risiko. Harus diingat bahwa mungkin akhirnya terluka saat menghadapi kenyataan.

Tidak ada jaminan dalam hal hubungan. Kamu harus mau mengambil konsekuensi dengan mengetahui bahwa hubungan baru mungkin berakhir dengan perpisahan di kemudian hari.

4 dari 4 halaman

3. Merasa Siap Punya Hubungan Baru

Ketika siap untuk memulai hubungan baru, di lubuk hati tahu bahwa ini adalah langkah yang tepat.

Ketika merasakannya dalam diri dan mempercayai naluri alami bahwa siap untuk mengambil langkah maju, hubungan baru memiliki peluang yang lebih baik untuk berhasil dalam segala hal. Jadi, dengarkan kata hati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.