Sukses

Ingin Warna Gigi Lebih Putih? Kenali Ragam Caranya

Berikut penjelasannya menurut pakar kesehatan gigi mengenai manfaat dan potensi risiko dari masing-masing cara memutihkan gigi

Liputan6.com, Jakarta - Ingin warna gigi lebih putih adalah hal yang lumrah. Ada berbagai cara untuk mendapatkan gigi lebih putih, mulai dari menggunakan bahan-bahan over-the-counter (otc), metode profesional, hingga cara alami sebagai alternatif.

Meski demikian, antara pilihan yang dijual bebas, metode profesional, dan bahkan alternatif alami, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan jika Anda ingin memutihkan gigi.

Berikut penjelasannya menurut pakar kesehatan gigi mengenai manfaat dan potensi risiko dari masing-masing cara memutihkan gigi, dilansir Shape.

Mengapa Gigi Berubah Warna?

Perubahan warna gigi yang membuatnya tampak kuning atau bernoda putih bisa disebabkan oleh makanan dan minuman sehari-hari seperti kopi, anggur, teh, saus pasta, dan kari. Hal ini dijelaskan Joyce Kahng, D.D.S., seorang dokter gigi berbasis di Orange County, California, yang menjalankan akun Instagram populer @joycethedentist.

Gigi juga bisa berubah warna karena merokok dan penggunaan tembakau, kebersihan mulut yang buruk, dan obat-obatan tertentu yang dapat menyebabkan noda permanen di dalam gigi.

Warna gigi bisa digolongkan menjadi dua kategori: noda ekstrinsik dan noda intrinsik. “Noda gigi ekstrinsik adalah noda pada permukaan gigi,” jelas Sam Jethwa, B.D.S., dokter gigi kosmetik terkemuka di Inggris di Bespoke Smile. Hal ini terjadi ketika residu berpigmen dari makanan, minuman, dan tembakau menumpuk di lapisan protein pada email gigi.

Sementara itu, dr Jethwa menjelaskan, noda intrinsik berada lebih dalam pada gigi. “Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, termasuk retakan kecil pada email gigi, penggunaan antibiotik, pendarahan pada gigi, kerusakan gigi, melemahnya email gigi, atau terlalu banyak fluoride,” katanya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memutihkan Gigi dengan Produk Pasaran

Ketika pertama kali melihat perubahan warna gigi, naluri pertama Anda mungkin adalah beralih ke solusi pemutih gigi yang dijual bebas seperti pasta gigi, strip, atau gel. Pertimbangannya, lebih terjangkau dan memakan waktu lebih sedikit dibandingkan perawatan profesional. Mari kita lihat lebih dekat cara kerja perawatan di rumah ini dan apakah ini merupakan pilihan cerdas dalam hal memutihkan gigi.

Pasta Gigi Pemutih

“Pasta gigi pemutih sebenarnya tidak memutihkan gigi sama sekali, tapi menargetkan noda di permukaan gigi dan membantu mencegah noda tersebut meresap ke dalam gigi,” ujar dr Kahng.

Oleh karena itu, ini adalah alat yang berguna, tetapi bukan satu-satunya alat yang bisa digunakan jika Anda mencari pemutih gigi menyeluruh.

“Strip pemutih yang dijual bebas biasanya mengandung persentase hidrogen peroksida yang rendah, sekitar 6-10%, yang merupakan bahan aktif yang sama dengan yang kita gunakan dalam praktik kedokteran gigi tetapi pada tingkat yang lebih rendah,” kata Dr. Kahng.

"Ini adalah titik awal yang bagus untuk memutihkan, tetapi noda yang dalam mungkin tidak cukup kuat. Noda ini juga menempel di beberapa permukaan gusi dan dapat menyebabkan iritasi pada gusi sensitif."

Strip Pemutih

Meskipun strip pemutih yang mengandung hidrogen peroksida mungkin bukan solusi terbaik untuk memutihkan gigi, namun ini adalah pilihan yang bagus.

“Kandidat terbaik untuk perawatan di rumah adalah siapa saja yang ingin memperbaiki penampilan gigi mereka dengan cepat dan tanpa biaya dan kerumitan pergi ke kantor untuk melakukan perawatan,” kata Jeffrey Sulitzer, D.M.D., kepala petugas klinis di SmileDirectClub.

“Bagi kita yang rutin minum kopi, teh, dan wine, ini adalah cara cepat untuk mencerahkan gigi, baik untuk persiapan wawancara kerja, rapat penting, pernikahan, kencan, atau sekadar langkah untuk menambah rutinitas. untuk memberimu dorongan kepercayaan diri."

 

 

3 dari 4 halaman

Memutihkan Gigi Secara Profesional

Jika Anda mencari hasil yang bertahan lama dan mendalam, pemutihan gigi di klinik biasanya merupakan pilihan terbaik.

“Solusi pemutihan profesional biasanya terbagi menjadi 2 pilihan: sesi pemutihan selama satu jam dan wadah pemutih khusus,” jelas Dr. Kahng.

“Sesi pemutihan gigi di klinik adalah proses di mana tim dokter gigi memblokir semua jaringan lunak, seperti gusi, agar tidak bersentuhan langsung dengan gel pemutih.”

Ia melanjutkan, "Ini adalah cara tercepat yang bisa dilakukan seseorang untuk memutihkan giginya dalam waktu sesingkat-singkatnya; namun, mungkin diperlukan beberapa sesi untuk melihat hasil yang luar biasa karena diperlukan waktu untuk menghilangkan kotoran mikro di gigi melalui proses oksigenasi."

Kahng sangat merekomendasikan opsi penggunaan baki pemutih karena beberapa alasan. “Baki khusus adalah investasi besar bagi pasien karena membantu mempertahankan hasil pemutihan di rumah namun juga dapat membantu orang memutihkan gigi ke tingkat berikutnya dengan lebih efisien dibandingkan pilihan yang dijual bebas,” katanya.

“Itu adalah wadah plastik yang dipasang untuk pasien, dan pasien dapat menggunakan larutan pemutih kelas profesional dengan konsentrasi lebih tinggi daripada yang ditemukan di toko obat. Menggunakan 'bahan kuat' akan membantu pasien mendapatkan hasil lebih cepat dan karena dipasang pada gigi mereka, itu juga cocok untuk mereka yang memiliki gusi sensitif."

Baik Dr. Kahng maupun Dr. Jethwa menekankan pentingnya melibatkan dokter gigi dalam menilai apakah gigi Anda cocok untuk layanan atau produk pemutihan gigi.

“Untuk pemutihan gigi yang aman dan efektif, sangat penting untuk melakukan penilaian dan pemantauan menyeluruh oleh ahli gigi profesional yang berkualifikasi dan berpengalaman,” kata Dr. Jethwa, yang juga mencatat bahwa dokter gigi Anda akan dapat bekerja sama dengan untuk menentukan warna yang tepat untuk Anda.

ingin gigi terlihat alami dan sehat, dia juga mengatakan bahwa untuk gigi yang mengalami perubahan warna ringan, pembersihan oleh ahli kesehatan seringkali sangat membantu, dan pemutihan gigi mungkin tidak diperlukan sama sekali.

4 dari 4 halaman

Memutihkan Gigi dengan Cara Alami

Ada banyak alternatif pemutihan gigi di rumah yang digembar-gemborkan di internet, namun para ahli meragukan keamanan dan efektivitasnya.

“Ada banyak solusi pemutihan gigi 'alami' di platform media sosial seperti TikTok, atau 'TeethTok.' Saya menyarankan untuk menghindari hal-hal ini,” kata Dr. Jethwa.

“Meskipun soda kue dapat memutihkan gigi, dan digunakan dalam beberapa pasta gigi, hal ini dilakukan dalam jumlah yang sangat spesifik.” Jika Anda mengaplikasikannya langsung ke gigi, mungkin akan merusak enamel, tambah ahli.

Bagi Dr. Kahng, menggunakan arang aktif untuk memutihkan gigi juga bukanlah ide terbaik. “Saya tidak merekomendasikan arang aktif secara keseluruhan karena dapat bersifat abrasif pada enamel,” katanya.

“Pada awalnya pasien akan menyadari bahwa giginya lebih cerah, tetapi jika digunakan terus-menerus, enamel akan terkikis dan memperlihatkan lapisan kedua gigi, yaitu kuning.”

Pilihan pemutihan gigi "alami" ketiga yang populer adalah oil pulling, yaitu dengan menggunakan minyak kelapa atau wijen di dalam mulut untuk meningkatkan kesehatan mulut secara keseluruhan, termasuk kemungkinan gigi menjadi lebih putih.

Namun, Dr. Kahng memperingatkan, "Tidak ada ilmu pengetahuan tentang oil pulling [untuk gigi yang lebih putih], namun saya mendorong pasien untuk melakukannya jika mereka melihat hasil yang bagus dan selama mereka juga menyikat gigi dan menggunakan benang gigi. Tidak ada salahnya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.