Sukses

WHO Sebut Konsumsi Garam Berlebih Bisa Tingkatkan Tekanan Darah dan Risiko Penyakit Jantung

Konsumsi Garam Berlebih Bisa Tingkatkan Tekanan Darah dan Risiko Penyakit Jantung

Liputan6.com, Jakarta - Kadang-kadang kita tidak menyadari bahwa kita mengonsumsi terlalu banyak garam dalam satu kali makan, baik saat memasak atau makan camilan tinggi garam. Bagi mereka yang memiliki riwayat hipertensi, hal ini dapat memicu peningkatan tekanan darah, bahkan tidak terkendali.

Francesco Branca, Direktur WHO Bidang Nutrisi dan Keamanan Pangan, menjelaskan konsekuensi tubuh ketika terlalu banyak mengonsumsi garam. Kondisi ini dapat meningkatkan tekanan darah dan risiko kematian akibat penyakit jantung dan stroke.

Terlalu banyak garam adalah faktor risiko diet yang paling signifikan untuk beban penyakit global. Menurut data WHO per Maret 2023, satu dari empat orang dewasa memiliki tekanan darah tinggi, dan 2 juta orang meninggal setiap tahun karena konsumsi garam berlebih.

Bagaimana kita tahu jika mengonsumsi terlalu banyak garam? Sebagian besar dari kita mengonsumsi terlalu banyak garam. WHO merekomendasikan tidak lebih dari 5 gram garam per hari, sekitar setengah dari rata-rata konsumsi global.

"Sumber garam terbesar berasal dari makanan olahan. Sekitar 80 persen berasal dari makanan seperti roti, keju, daging yang diawetkan, makanan ringan tinggi garam, dan makanan di luar rumah," kata Branca.

Bagaimana mengurangi asupan garam? Branca memberikan tips, ecara bertahap kurangi garam dalam makanan dan sesuaikan dengan selera. Ini membutuhkan beberapa minggu, tetapi akhirnya Anda dapat mengurangi asupan garam. "Kita perlu mengurangi sepertiga hingga setengah dari asupan kita saat ini. Beberapa di antaranya dalam kendali kita, seperti menambahkan lebih sedikit garam saat memasak."

Branca juga menyoroti sumber garam dari makanan olahan di negara berpenghasilan tinggi dan menekankan perlunya kolaborasi antara konsumen dan otoritas kesehatan untuk mengurangi risiko tekanan darah tinggi.

Mengutip Kementerian Kesehatan RI, dampak mengonsumsi banyak garam meliputi pembengkakan tubuh, gangguan ginjal, perut kembung, risiko batu ginjal, dan sakit kepala. Oleh karena itu, penting untuk mengurangi konsumsi garam dan memasak sendiri dari bahan mentah untuk menjaga kesehatan ginjal dan tekanan darah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.