Sukses

Viral Mukbang Tusuk Gigi Goreng, Pemerintah Korea Ingatkan Bahwa Itu Bukan Makanan

Dalam banyak video viral beredar di Instagram dan TikTok beberapa bulan terakhir, beberapa orang tampak memperlihatkan makan tusuk gigi yang sudah digoreng. Hal ini membuat banyak orang lain ingin mencoba melakukan hal yang sama.

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Korea Selatan mengingatkan warganya untuk tidak ikut-ikutan makan tusuk gigi goreng. 

Dalam banyak video viral beredar di Instagram dan TikTok beberapa bulan terakhir, beberapa orang tampak memperlihatkan makan tusuk gigi yang sudah digoreng. Hal ini membuat banyak orang lain ingin mencoba melakukan hal yang sama.

Viral makan tusuk gigi goreng membuat Pemerintah Korea lewat Ministry of Food and Drug Safety memberi peringatan ke warganya.

"Produk ini bukanlah produk makanan," kata Ministry of Food and Drug Safety lewat media sosial X.

"Keamanan produk ini sebagai bahan pangan belum terverifikasi," lanjut akun tersebut.

Untuk diketahui, tusuk gigi di Korea Selatan bukan terbuat dari kayu. Di Negeri Ginseng, kebanyakan tusuk gigi di Korea Selatan terbuat dari tepung jagung atau kentang yang dicampur dengan sorbitol, gula alkohol manis yang ditemukan secara alami dalam berbagai buah-buahan. 

Maka dari itu, tusuk gigi tersebut dapat terurai secara hayati dan larut dalam air seperti mengutip Time (Jumat, 26/1/2024).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menyantap Tusuk Gigi Goreng

Dalam salah satu video yang beredar, terlihat seseorang menggoreng tusuk gigi. Sesudah digoreng, lalu tampak orang dalam video tersebut makan tusuk gigi yang digoreng tadi.

Tusuk gigi yang tampil dalam video tersebut berwarna hijau, sesuatu yang jarang ditemukan di restoran-restoran di sana. 

3 dari 3 halaman

Warganet Bertanya-tanya

Beberapa warganet yang sudah melihat proses mengolah tusuk gigi lalu digoreng pun bertanya-tanya. 

"Edible but no food grade? atau gimana sih, kayak minyak itu gak sih yang bisa diminum tapi bukan untuk konsumsi," kata seorang warganet.

Komentar tersebut pun mendapat tanggapan dari warganet lainnya. Bahwa mungkin seperti odol yang digunakan untuk menggosok gigi jika tertelan tidak apa-apa tapi bila dimakan tidak boleh. 

Beberapa warganet lain pun malah menduga hal itu adalah kerupuk yang berbentuk tusuk gigi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini