Sukses

Manfaat Sehat Labu Siam atau Jipang, Ditumis atau Direbus Sama-Sama Nikmat

Labu siam sumber pangan yang kaya serat sehingga bikin kenyang lebih lama. Selain itu, buah berdaging putih kehijauan ini juga kaya antioksidan.

Direview oleh:
dr Ainni saat ini adalah dokter umum di Rumah Sakit Bakti Timah, Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Liputan6.com, Jakarta Labu siam alias Sechium edule merupakan buah berkulit hijau dengan daging putih kehijauan yang disukai banyak orang. Bila direbus atau dimasukkan dalam campuran sop atau lodeh, labu siam akan empuk dengan cita rasa manis yang disukai banyak orang termasuk anak-anak dan lansia.

Jika bicara soal rasa, tak ada yang menolak jipang, begitu kebanyakan orang Jawa menyebutnya. Namun, tak banyak yang tahu soal nutrisi labu siam.

Mengutip US Department of Agriculture dari 203 gram labu siam mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Kalori: 39
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Protein: 1,7 gram
  • Serat: 3,5 gram

Menurut berbagai riset, labu siam mengandung banyak manfaat. Mulai dari kaya antioksidan hingga meningkatkan kesehatan jantung. Berikut selengkapnya mengutip laman Shape:

1. Kaya Antioksidan

Labu siam kaya akan antioksidan dan vitamin khususnya vitamin B9 (folat), vitamin C, polifenol, dan asam amino. Labu siam juga mengandung mineral penting, seperti magnesium dan kalsium yang dikenal sebagai penguat tulang.

Tinjauan studi tentang labu siam yang diterbitkan dalam jurnal Food Chemistry menemukan manfaat antara konsumsi labu siam pada orang dengan penyakit kronis. Namun, penulis studi mencatat bahwa diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami sepenuhnya senyawa dan manfaat terpenting dalam labu siam. 

2. Bantu Kesehatan Usus

Penelitian yang dipublikasikan dalam Science Direct pada 2015 telah menunjukkan bahwa labu siam merupakan sumber pati yang berharga. Serat adalah nutrisi yang penting untuk kesehatan pencernaan dan diketahui bermanfaat bagi kesehatan usus.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Bikin Kenyang Lebih Lama

Karbohidrat kompleks dan serat dalam labu siam membuat sayuran ini lebih lama dicerna. Sehingga membuat seseorang kenyang lebih lama. Cocok banget bagi yang sedang menurunkan berat badan.

4. Kemungkinan Memiliki Efek Antiperadangan

Sebuah studi pendahuluan dalam jurnal Antioxidants bahwa labu siam mungkin memiliki efek antiperadangan pada orang dewasa dengan sindrom metabolik seperti diabetes tipe 2. Namun, peneliti juga menyebutkan butuh studi lebih mendalam lagi untuk mengetahui hal tersebut.

 

3 dari 3 halaman

5. Turunkan Risiko Penyakit Jantung

Labu siam merupakan sumber serat yang baik dan penelitian menunjukkan bahwa pola makan tinggi serat dikaitkan dengan rendahnya risiko penyakit jantung.

Selain itu, sebuah artikel di Advances in Health Science Research menunjukkan konsumsi labu siam berdampak positif pada tekanan darah pada orang lanjut usia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.