Sukses

Maskapai Emirates Sediakan Lebih dari 300 Menu Vegan, Mulai dari Ragout Tahu hingga Nasi Kari

Permintaan menu vegan meningkat membuat maskapai penerbangan Emirates menyiapkan lebih banyak menu untuk mereka yang tidak mengonsumsi daging dan produk yang berasal dari hewan.

Liputan6.com, Jakarta Terjadi peningkatan hingga 40 persen permintaan menu vegan membuat maskapai penerbangan asal Uni Emirat Arab, Emirates menambah menu berbasis nabati.

Pada 2023, Emirates menyajikan lebih dari 300 menu vegan secara bergantian di 140 destinasi penerbangan. Jumlah tersebut meningkat dari sebelumnya 180 menu pada 2022.

Pada tahun 2023, Emirates menyajikan lebih dari 450.000 porsi makanan vegan di dalam pesawat. Angka ini meningkat dari 280.000 porsi makanan vegan yang disajikan pada 2022.

Peningkatan permintaan menu berbasis nabati meningkat lantaran volume penumpang yang juga naik. Permintaan menu vegan untuk di wilayah Asia Tenggara misalnya, naik 5 persen. Sementara di Timur Tengah melonjak hingga 34 persen. Emirates juga mencatat kenaikan makanan vegan untuk penerbangan di wilayah Afrika, yaitu 5 persen.

"Peningkatan konsumsi makanan vegan paling besar tercatat di Kelas Ekonomi pada ada rute ke China, Jepang dan Filipina," dalam keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com pada Sabtu (20/1/2024).

Menu Vegan di Tiap Kelas Penerbangan

Emirates menyediakan ragam menu vegan di tiap kelas penerbangan. Berikut menu-menu lezat yang ada selama di atas pesawat:

  • Kelas Ekonomi

 Penumpang bisa menikmati crepe chickpea yang diisi dengan wortel, paprika, jamur, dan saus tomat. Pelanggan juga dapat menyantap frittata labu yang lezat, menikmati tahu tikka masala, atau rebusan kale chickpea dengan nasi pilaf peterseli dan bayam.

Hidangan penutup vegan seperti mousse kelapa dengan saus mangga, kue pisang yang lembut dengan remah cokelat, atau puding cokelat dengan bubuk cokelat. 

  • Ekonomi Premium

Sajian yang ada di kelas ini seperti kari nangka dengan nasi basmati atau semur labu kastanye, ada juga cheesecake tahu cokelat ringan atau parfait raspberry yang lembut dengan saus jeruk.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menu Vegan Menggugah Selera di Kelas Bisnis dan Utama

  • Kelas Bisnis

Menu kembang kol panggang dengan biji-bijian kuno, pir karamel dan lovage pesto, atau ragout tahu dan jamur shitake Asia dengan bihun. Untuk hidangan penutup dapat menikmati kue nanas kelapa tropis atau kue keju cokelat yang dihiasi campuran cokelat hitam dan saus stroberi.

  • Kelas Utama

Penumpang dapat menikmati hidangan vegan seperti kue polenta lembut dengan ragout jamur thyme dan tumis bayam dengan siraman sayuran. Ada juga kari terong dengan nasi bakar dan kentang kunyit, dengan sedikit kelapa dan sambal mint.

Soal hidangan penutup  ada stroberi charlotte, krim Chantilly, dan raspberry tuille, atau fondant cokelat hangat  yang disiram dengan saus karamel asin dan krim mete kocok.

 

3 dari 4 halaman

Pesan Sebelum Terbang

Pilihan makanan vegan tersedia untuk dipesan sebelum penerbangan dan dipesan langsung untuk penumpang Kelas Utama serta di Lounge Emirates.

Pelanggan dapat memesan makanan vegan di semua penerbangan Emirates dan di semua kelas perjalanan hingga 24 jam sebelum keberangkatan.

4 dari 4 halaman

Asal Bahan Vegan di Emirates

Untuk protein vegan, Emirates memesan dari Beyond Meat di California, protein kedelai dari Singapura dan Arlene yang berbasis di UEA.

Sementara itu, untuk tahu padat Qian Ye dipesan dari Jepang, cokelat vegan hitam organik dari Linnolat di Prancis, margarin vegan dari Meister Marken di Jerman.

Soal pasta kari vegan itu dipesan dari Thailand sementara susu almond Koita dari Italia.

Sayuran Segar Hidroponik

Sayuran segar seperti kale dan selada ditanam langsung dari Bustanica, sebuah pertanian hidroponik vertikal terbesar di dunia.  Produk Bustanica ditanam tanpa pestisida, herbisida, atau bahan kimia.  

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.