Sukses

Habiskan Liburan Bareng Anak, Obat-Obatan Ini Pastikan Dibawa

Obat-obatan tertentu dapat dipersiapkan jika Anda sedang libur panjang bersama anak.

dr Dinda Meraih Gelar Medical Bachelor, Bachelor of Surgery (M.B.B.S) dan Merampungkan Program Post Graduate Obstetric and Gynecology di Suzhou University, Suzhou, China pada 2014. Lalu Menjadi Dokter Adaptasi di RSUP Sanglah, Denpasar, Bali.

Liputan6.com, Jakarta Libur panjang menjadi salah satu momen tepat menghabiskan waktu bersama anak-anak, terlebih lagi bila Anda merencanakan perjalanan. Kesiapan untuk mengemas perbekalan selama perjalanan liburan penting diperhatikan agar anak tetap sehat dan fit.

Anjuli S. Gans, MD, FAAP, dokter anak di Children’s Hospital of Philadelphia (CHOP) Karabots Pediatric Care Center di Philadelphia Barat menekankan pentingnya produk perawatan kulit untuk melindungi kulit anak Anda selama perjalanan liburan.

"American Academy of Pediatrics (AAP) merekomendasikan tabir surya untuk bayi berusia enam bulan atau lebih. Untuk bayi yang lebih muda, Anda dapat membawa pakaian pelindung seperti pelindung ruam dan topi dengan pinggiran yang lebar,” jelasnya, dikutip dari situs hildren’s Hospital of Philadelphia (CHOP) pada 22 Desember 2023.

“Sebagai bonus, tabir surya mineral yang mengandung seng oksida sebagai satu-satunya bahannya dapat berfungsi ganda sebagai salep popok jika Anda sedang dalam keadaan darurat!"

Perlu Bawa Pelembap

Di sisi lain, tabir surya bukanlah satu-satunya yang melindungi kulit. Produk lain yang harus dibawa saat bepergian dengan anak-anak adalah pelembap sederhana.

"Ini adalah produk lengkap yang dapat mengatasi berbagai hal seperti kulit terbakar, eksim, ruam popok dan bibir pecah-pecah," sambung Anjuli.

Ia juga menyarankan untuk membawa berbagai perban dengan ukuran yang berbeda untuk berjaga-jaga jika anak terkena luka dan goresan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Lagi yang Anda Perlukan Saat Bepergian dengan Anak-anak?

"Jika anak Anda mengalami dehidrasi akibat cuaca panas atau terkena sakit perut saat Anda sedang bepergian, solusi rehidrasi oral dapat menyelamatkan perjalanan Anda ke UGD," ujar Dr. Anjuli S. Gans.

"Mereka juga membuat paket serbuk, cocok untuk perlengkapan pertolongan pertama di perjalanan."

Sementara Naline Lai, MD, FAAP, dokter anak di CHOP Primary Care, Doylestown sangat menyukai produk serbuk untuk pertolongan oral saat sakit perut tersebut.

"Ketika hidangan baru yang menarik tidak cocok dengan perut atau terjadi diare saat bepergian, serbuk elektrolit akan membantu seluruh anggota keluarga untuk menghidrasi kembali. Yang Anda butuhkan hanyalah sebotol air untuk dilarutkan,” terangnya.

Obat Apa yang Harus Dibawa untuk Anak-Anak Saat Bepergian?

"Reaksi alergi dapat muncul pada waktu yang tidak terduga - memiliki alat yang tepat akan membantu orang tua merawat anak-anak mereka dengan percaya diri jika terjadi reaksi alergi ringan," Dr. Anjuli S. Gans.

"Bicaralah dengan tim dokter Anda tentang antihistamin anak yang terbaik dan dosisnya untuk anak Anda sebelum Anda pergi."

Menimpali hal tersebut, Dr. Naline Lai memuji diphenhydramine (Benadryl).

"Obat ini baik untuk semua hal yang menyebabkan gatal, termasuk reaksi alergi atau reaksi terhadap tanaman beracun. Untuk anak-anak yang lebih besar, obat ini dapat membantu dengan perubahan waktu karena cenderung membuat mereka mengantuk.“

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) bahkan mencantumkannya sebagai obat yang bermanfaat untuk mengatasi mabuk perjalanan."

3 dari 4 halaman

Punya Rencana Darurat bila Terjadi Bencana

Di sisi lain, Julie Kardos MD, FAAP, dokter anak di CHOP Primary Care, Newtown meyakinkan bahwa aman untuk menggunakan pereda nyeri (asetaminofen atau ibuprofen) saat Anda mencari tahu perawatan darurat atau UGD mana yang mungkin akan membawa anak Anda.

“Obat ini juga cocok untuk digunakan pada "sakit telinga, sakit tenggorokan, sakit kepala atau sariawan,” lanjutnya.

Bagaimana Cara Mengemas untuk Perjalanan Jauh?

Yang tak kalah penting, pastikan Anda memiliki rencana darurat ketika terjadi bencana sewaktu-waktu."

"Tas darurat bagus untuk menyimpan pakaian yang terkena muntahan, pakaian dalam setelah kecelakaan atau pakaian yang basah karena hujan atau tumpahan. Atau bisa juga digunakan sebagai kantong muntah," saran Dr. Kardos.

Kapan Anak Perlu Beristirahat?

Dalam perjalanan liburan, saat waktunya anak tidur, sebaiknya Anda beristirahat juga. Waktunya dia makan, Anda berhenti dulu untuk makan. Jika tidak, anak Anda bisa rewel sepanjang hari, bahkan mudah sakit.

Bila anak mula gelisah, Anda dapat mampir di rest area. Biarkan dia bermain dan berlari-lari di sekitar tempat istirahat. Biasanya dia rewel karena otot-otot badannya kaku.

4 dari 4 halaman

Mengatur Asupan Makanan Anak

Hal lain yang penting diperhatikan adalah asupan makanan. Idealnya anak tetap mendapat asupan seperti di rumah, tetapi selama perjalanan banyak kendala yang dijumpai.

Supaya anak tetap sehat dan tidak makan yang berlebihan, penting diperhatikan kecukupan kebutuhan kalori sesuai dengan umur anak dan memperhatikan aktivitas anak selama berlibur, sebagaimana informasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Masukkan cukup sayur, buah, dan air putih dalam pilihan menu saat menikmati wisata kuliner bersama keluarga. Minuman dingin yang manis boleh diberikan, tetapi batasi jangan berlebih, cukup satu porsi dalam sehari. Berikan anak agar lebih banyak minum air putih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini