Sukses

8 Hal yang Menyebabkan Penurunan Sistem Imunitas Tubuh

Berikut ini hal-hal yang bisa menurunkan sistem imunitas tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem imunitas atau daya tahan tubuh memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Imunitas tubuh harus dijaga dengan baik agar tidak mudah terserang penyakit.

Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik dapat melindungi kita sejak pertama kali kuman penyebab penyakit masuk ke dalam tubuh.

Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita jatuh sakit, terutama saat musim hujan.

Berikut ini hal-hal yang bisa menurunkan sistem imunitas tubuh seperti dikutip dari Webmd pada Senin, (11/12/2023).

1. Kurang Tidur

Tidak cukup tidur dapat membuat seseorang lebih mungkin untuk menangkap virus atau kuman. Seseorang juga mungkin membutuhkan waktu tidur lebih lama untuk menjadi lebih baik.

Itu karena tubuh tidak dapat membuat banyak sel dan protein yang melawan infeksi yang disebut antibodi yang membantu mempertahankan diri dari penyakit. Tubuh seseorang melepaskan protein tertentu yang membantu sistem kekebalan tubuh, yang disebut sitokin, hanya saat tidur.

2. Kecemasan

Memiliki pikiran cemas dapat melemahkan respon kekebalan tubuh hanya dalam 30 menit. Stres bisa menimbulkan dampak yang lebih besar dan akan membuat lebih sulit untuk menghalau flu, herpes, herpes zoster, dan virus lainnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kurang Vitamin D

Seseorang mungkin tahu bahwa manusia membutuhkan vitamin D untuk tulang yang kuat dan sel-sel darah yang sehat. Tetapi vitamin D juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Seseorang bisa mendapatkannya dalam telur, ikan berlemak, dan makanan yang diperkaya seperti susu dan sereal. Sinar matahari adalah sumber kunci lainnya. Di musim panas, hanya 5-15 menit sinar di tangan, wajah, dan lengan 2-3 kali seminggu biasanya sudah cukup.

 

3 dari 4 halaman

4. Kurang Konsumsi Buah dan Sayuran

Makanan ini dapat membantu tubuh membuat lebih banyak sel darah putih yang dibutuhkan untuk melawan infeksi. Produk segar, kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung banyak zinc, beta-karoten, vitamin A, C, dan E, dan nutrisi lain yang seseorang butuhkan untuk tubuh yang sehat.

5. Diet Tinggi Lemak

Minyak dapat menghambat sel darah putih yang melawan kuman. Dan diet tinggi lemak dari waktu ke waktu dapat mengganggu keseimbangan bakteri dalam usus yang dapat membantu respon imun.

Carilah susu rendah lemak tanpa tambahan gula, bersama dengan protein tanpa lemak seperti makanan laut, kalkun, dan ayam, atau potongan daging sapi tanpa lemak.

 

4 dari 4 halaman

6. Jarang Keluar Rumah

Sinar matahari dapat memberi energi pada sel-sel khusus dalam sistem kekebalan tubuh yang disebut sel-T yang membantu melawan infeksi. Tetapi berada di luar membawa manfaat lain juga. Banyak tanaman di hutan membuat phytoncides dan zat lain yang seseorang hirup juga tampaknya meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

7. Rokok

Nikotin dari rokok, mengunyah tembakau, atau sumber lain dapat melemahkan kemampuan tubuh untuk melawan kuman.

8. Kurang Olahraga

Latihan aerobik secara teratur tampaknya membantu tubuh melawan penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Kurangnya aktivitas fisik dan menurunkan imunittas tubuh dan membuat seseorang mudah terserang penyakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini